Senin, 28 Januari 2013 –
Siswa MAN IC Serpong Satu-Satunya Wakil Indonesia dalam MIMUN di Rusia

Jakarta (Pinmas) —- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) kembali mengharumkan nama bangsa di kancah Internasinal. Salah satu siswa madrasah binaan Kementerian Agama ini akan menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam puncak acara Moscow International Model United Nation (MIMUN) 2013 yang akan diadakan pada 13 – 21 April 2013 di Moscow, Rusia.

Adalah Gilang Al-Ghifari Lukman, siswa kelas X MAN Insan Cendekia Serpong, yang lolos dalam seleksi kegiatan MIMUN 2013. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Sekretaris General United Nation (PBB).

Gilang yang fasih berbahasa Inggris, berhasil melewati dua tahapan tes seleksi, yaitu: menulis esai tentang perdamaian dunia dan tes wawancara. Adapun judul esai karya Gilang adalah “Nuclear in North Korea”.

“Kedua tes dapat dilakukan dengan baik dan Alhamdulillah Gilang lolos,” terang Suwardi kepala MAN Insan Cendekia Serpong.

Menurut Suwardi, MIMUN 2013 ini akan diikuti oleh peserta dari berbagai Negara di dunia seperti Russia, India, Georgia, dan Indonesia. “Nantinya para peserta akan menjadi delegasi sebuah Negara dalam konferensi dan sidang model United Nation,” terang Suwardi.

Selain itu, Uyun Charisa Aziza, siswi kelas XI IPS MAN IC Serpong juga memperoleh Juara I lomba Cipta Baca Puisi empat pilar kebangsaan yang diselenggarakan sekretariat MPR RI. Uyun, demikian siswi imut ini biasa disapa, juga lolos dalam seleksi Pertukaran Pelajar Internasional. Bersama dengan beberapa pelajar dari negara lain, Uyun akan mengikuti program KIZUNA pada 18 – 27 Pebruari 2013 di Jepang.

Sebelumnya, di penghujung 2012, 3 siswa kelas XII MAN IC Serpong memperoleh 3 (tiga) Medali Perak dalam ajang International Competition Assesment for School (ICAS) di Australia. Ketiga siswa berprestasi itu adalah Firstio Ahmad Sepriandi, Apresio Kefin, dan Rosyad Hizbussalam.

ICAS merupakan sebuah pengukuran untuk mengetahui kemampuan siswa di sekolah dalam pelajaran matematika, science, english, dan computer dengan menggunakan alat ukur tes berskala internasional. ICAS diikuti oleh beberapa siswa dari Negara Asia Pasifik. Penyelenggaranya adalah University New South Wales (UNSW) Australia.

Sepanjang tahun 2012, siswa-siswi MAN IC telah banyak mengukir prestasi, baik nasional maupun internasional, seperti: Olimpiade Komputer Internasional di Italia (1 Medali Perunggu); Mathematics International Competitions (ICAS) di Australia (3 Medali Perak); Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Jakarta (1 Medali Perak Kebumian, 1 Medali Perunggu Kimia, 1 Medali Perunggu Astronomi); Olimpiade Ilmu Sosial Nasional di UI Depok. (Juara Umum:1 emas, 2 perak); Kompetisi Sains Madrasah (KSM) di Bandung (Medali emas fisika, Medali emas matematika, Medali emas kimia, Medali perak biologi, Medali perak ekonomi); Festival llmuwan Muslim Nasional, di IPB Bogor (Juara 1 lomba penulisan Essay); Olimpiade Lingkungan, di IPB Bogor (Juara 2); National Programming Contest, di ITS Surabaya (Juara 1); Nuclear Science Camp, BATAN (Juara Umum); Lomba Debat Hukum,di UI Depok (The Best Speaker); Lomba Cerdas Cermat Biologi, FESBIONIC di Jakarta (Juara 1); Chemical Compt,UI Depok (Juara 2); Chemical Creatifity Poster, Chem Fair, di UI Depok (Juara Favorit); Lomba Cipta Baca Puisi MPR RI di Jakarta (Juara 1 Putri, Juara 3 Putra).

“Tahun 2012, MAN IC Serpong meluluskan 115 siswa. Sebanyak 13 siswa (11%) di terima di perguruan tinggi luar negeri (Jepang, Singapura, dan Malaysia), 99 siswa (87%) di PTN favorit dalam negeri, dan 3 siswa (3%) di PTS favorit,” tutup Suwardi. (mkd)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.037347 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 12033608
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013. Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.