Minggu, 23 Juni 2013, 00:55 –
Menag: Jamaah Lansia Tidak Diberangkatkan

Jakarta (Pinmas) —- Untuk menjaga keselamatan, maka calon jamaah haji yang usianya 75 tahun ke atas terpaksa tidak bisa diberangkatan. Demikian penegasan Menteri Agama kepada wartawan dalam jumpa pers di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Sabtu (22/06).

“Kementerian Agama sebenarnya memprioritaskan jamaah haji lansia. Namun, kebijakan itu kita batalkan dengan pertimbangan keselamatan,” terang Menag.

Menurutnya, keputusan ini diambil karena pada saat ini kapasitas tampung Masjidil Haram bagi jamaah yang akan melakukan tawaf hanya 22000/jam dari sebelumnya 48.000 perjam. Ini disebabkan lantai 2 dan lantai 3 dipotong, dan proses penyelesaian renovasinya mengalami keterlambatan.

Menag memastikan bahwa semua jamaah akan terkonsentrasi di lantai dasar. Jika demikian, bisa dibayangkan kepadatan yang akan terjadi. “Ini tidak memungkinkan bagi jamaah lansia untuk bisa bertahan pada kondisi seperti itu,” kata Menag.

Kebijakan ini, tambah Menag, juga berlaku bagi jamaah yang mempergunakan kursi roda dan tongkat. “Mereka terpaksa tidak bisa diberangkatkan,” ujar Menag.

Ketika ditanya apakah tahun depan akan terjadi hal yang sama? Menag berharap tidak. “Insya Allah tahun depan masalahnya sudah selesai. Karena masalahnya sudah selesai, maka kebijakan prioritas lansia yang tertunda pada 2013 itu akan diberlakukan kembali. Mereka akan kita prioritaskan pada 2014,” tuturnya.

“Jadi murni karena alasan keselamatan mereka,” imbuhnya.

Selain jamaah berusia 75 tahun ke atas dan jamaah berkursi, calon jamaah yang sudah pernah berhaji juga tidak bisa diberangkatkan tahun ini.

“Mereka yang tertunda keberangkatannya, akan diprioritaskan berangkat pada 2014. Jika pada 2014 BPIH naik, mereka tidak akan dikenakan beban kenaikan BPIH. Jika turun, kelebihannya akan dikembalikan,” tutup Menag. (pinmas)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.010215 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 13078675
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013. Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.