Selasa, 16 Juli 2013 –
Dit. PAI Kemenag Gelar ToT Kurikulum 2013 Mapel PAI

Bali (Pinmas) —- Dalam rangka mempersiapkan penerapan kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Direktorat Pendidikan Agama Islam menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Instruktur Nasional Kurikulum 2013 mata pelajaran PAI.

“Instruktur yang baik adalah yang mampu memahami dirinya dan orang lain; tidak hanya mampu membimbing dirinya, tetapi juga mampu memberikan pengaruh baik kepada orang lain,” terang Direktur Pendidikan Agama Islam, Amin Haedari ketika membuka kegiatan Training of Trainer (ToT) Instruktur Nasional Kurikulum PAI 2013 Angkatan I di Bali, pekan lalu.

ToT Angkatan I ini diikuti 45 guru Agama Islam SD, SMP, SMA, dan SMK, serta pengawas PAI terbaik dari 10 provinsi, yaitu: Bali, Gorontalo, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, NTB, dan Sulawesi Utara.

Menurut Amin, ToT Kurikulum PAI 2013 ini penting untuk mengubah pola pikir (mindset) guru dalam mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik dan benar.“Guru yang merupakan ujung tombak dalam suksesnya implementasi kurikulum, harus diberikan pembekalan yang cukup dalam bentuk pelatihan,” tegas Amin.

Amin mengingatkan bahwa instruktur nasional harus memiliki kemampuan sebagai pelatih dalam pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Lebih dari itu, tambah Amin, instruktur juga harus memahami mekanisme pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013.

Karenanya, Amin secara khusus meminta agar pada kesempatan ToT ini, kepada seluruh peserta diberikan materi pokok tentang Perubahan Mindset, Konsep Kurikulum 2013, Model Rancangan Pembelajaran, dan Praktik Pembelajaran Terbimbing.

ToT Kurikulum PAI 2013 yang digagas oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam ini akan dilaksanakan dalam beberapa angkatan. Angkatan kedua dilaksanakan di Makasar dan diikuti oleh 50 guru PAI dari 15 provinsi, yaitu: Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. (nf)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.013721 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 12052569
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013. Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.