Jumat, 2 November 2007, 00:00 –
Santri Kaltim Berjaya di Atletik

Samarinda, 2/11(Pinmas) – Atlet cabang olahraga atletik kontingen Kalimantan Timur berjaya di lintasan setelah mendulang empat emas pada hari kedua Pekan Olahraga dan Seni Antar Pesantren Nasional (Pospenas) IV di Samarinda, Jumat (2/11).

Para santri tuan rumah berhasil menundukkan perlawanan atlet kontingen lainnya pada cabang Lari 5.000 Meter Putra, Lari 400 Meter Putra, 400 Meter Putri, dan Lari 3.000 Putri. Adapun pada cabang Tolak Peluru Putri yang juga sudah memainkan putaran final, medali emas diraih santri Heina Megawati dari kontingen juara bertahan Jawa Barat. Empat emas di cabang atletik yang diraih kontingen Kaltim masing-masing disumbangkan Ilham (5.000 m putra), Sadar (400 m putra), Heru Nurcahya (400 m putri), dan Irma Handayani (3.000 m putri). Target kontingen Kaltim untuk meraih lima besar pada Pospenas IV ini tampakanya akan berjalan mulus. Pada sejumlah cabang olahraga yang melewati babak penyisihan, atlet-atlet kontingen Kaltim juga membuka peluang untuk menambah pundi-pundi medali.

Di cabang sepakbola, kesebelasan Kaltim mengalahkan kesebelasan DKI Jakarta dengan skor 1-0 pada pertandingan di Stadion Madya Sempaja, Jumat (2/11) pagi. Di cabang bulutangkis, Kaltim juga menjejakkan kaki di final beregu putra setelah dalam semifinal menundukkan tim favorit juara Jawa Barat dengabn skor 2-0. Kaltim akan berhadapan dengan tim Jawa Timur yang mengandaskan perlawanan tim Kalimantan Selatan dengan skor 2-0. Pada final bulutangkis beregu putri yang akan digelar hari ini, dua tim kuat Jawa Barat dan Jawa Tengah akan memperebutkan medali emas setelah mengalahkan lawan-lawannya di semifinal. Tim bulutangkis putri Jawa Barat menghentikan langkah Jawa Timur dengan skor 2-0. Skor yang sama diraih tim Jawa Tengah saat menghempaskan tim Sumatera Barat di semifinal. Sementara itu, pada cabang catur yang sudah memasuki pertandingan babak ke IV kategori catur klasik, santri Jawa Tengah atas nama Fika B Afkari berhasil memperoleh nilai sempurna (4 victory poin) di antara 42 pecatur yang ikut ambil bagian pada cabang ini. Berada di bawah Fika secara berurutan Astian (Kaltim/3,5 VP), M Aditya (Kaltim/3 VP), Tedi Irawan (Kaltim/3 VP), Heri (Jatim/3 VP), dan Agus M (Jatim/3 VP). Cabang catur yang menggunakan sistem Swiss ini akan memainkan 9 babak dengan sistem //pairing// (mempertemukan pecatur sesuai perolehan VP, red). Ketua Dewan Wasit yang juga Sekretaris Panitia cabang catur, Riza Agustiva Siregar, mengatakan, kendati merupakan cabang yang pertama kali dipertandingkan dalam ajang Pospenas, namun potensi pecatur yang datang dari lingkungan pesantren ini bisa dikatakan cukup membanggakan. "Hampir 95 persen peserta catur ini adalah pendatang baru, tapi secara teknis mereka memiliki bobot yang memadai dan memberikan harapan cerah bagi dunia catur nasional," ujar Riza menilai permainan catur para peserta. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Departemen Agama, Amien Haedari, menambahkan, orientasi Pospenas IV yang memasukkan unsur pembinaan prestasi selain aspek silaturahim dan ukhuwah Islamiyah, memang ditujukan untuk mencari bibit-bibit atlet yang nantinya akan mendapatkan pembinaan lebih lanjut. "Atlet-atlet dari kalangan pesantren ini akan menjadi sumber baru bagi pengembangan dunia olahraga nasional. Saya harap pembinaan akan terus dilakukan mulai dari tingkat pesantrennya sendiri," kata Amien. Pada hari ketiga Pospenas hari ini, panitia akan mamainkan putaran final sejumlah cabang olahraga seperti atletik, bulutangkis, dan beberapa cabang seni. Sampai pukul 19.00 WITA, kontingen Kaltim menduduki pimpinan klasemen sementara berkat raihan empat medali emas dari cabang atletik.(Rep/ade)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.514406 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 13083886
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013. Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.