Senin, 23 April 2012 –
Menag Belum Menemukan Kebocoran UN di Madrasah

Jakarta (Pinmas)—Menteri Agama Suryadharma Ali meninjau pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional 2012 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Ia mengimbau kepada pelajar Madrasah Tsanawiyah untuk lebih percaya diri dengan tidak menyontek kepada yang lain.

“Jangan menyontek ya, kalau belajar pasti bisa,” ucap Menteri dihadapan siswa MTs Negeri 15, Senin (23/4). Kedatangan Menag di madrasah yang berlokasi di Jalan Marunda Baru, Cilincing, Jakarta Utara didampingi Dirjen Pendidikan Islam Nur Syam, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Muhaimin Luthfi dan Kepala Pusat Pinmas Kemenag Zubaidi.

Di wilayah Jakarta Utara, Menteri Agama juga meninjau pelaksanaan UN 2012 di Madrasah Tsanawiyah Al Hikmah, di Kampung Rorotan, Cilincing. MTs Swasta ini merupakan satu atap dengan Pesantren Al Hikmah.

“Saya sengaja melakukan peninjauan ke madrasah tsanawiyah pada madrasah yang bisa dikatakan belum sebanding dengan madrasah Insan Cendekia, melihat secara langsung, kalau yang bagus-bagus tidak perlu lagi dilihat,” ujar Menag.

Menurut Menag, dengan melihat secara langsung madrasah seperti ini bisa menjadi motivasi bagi pengelola madrasah sekaligus menjadi inspirasi bagi kami di Kementerian Agama untuk memperhatikan kualitas mereka.

“Yang membanggakan dari Madrasah Tsanawiyah ini, lulusan tahun lalu 100 persen walaupun dilihat dari kuantiti peserta tidak banyak, demikian juga pada madrasah lain tingkat kelulusannya menyenangkan,” ucapnya.

Mengenai kebocoran soal, Menag menyatakan belum melihat kasus itu terjadi di madrasah baik tingkat Aliyah maupun Tsanawiyah. “Kalau isu agak susah ditanggapi, tapi kalau fakta belum ditemukan. Kalau pada madrasah ada kecurangan apalagi dilakukan oleh guru misalnya, itu sudah melampaui batas,” tandasnya.

Dikatakan, pendidikan itu berlandaskan pada kejujuran. Namun jika anak didik dibantu dengan tidak jujur, maka pantas ada tindakan keras terhadap guru-guru yang melakukan tindakan itu, kata Menag.

Kepala MTs Al Hikmah Siti Salma mengungkapkan, peserta UN 2012 di madrasah ini sebanyak 22 siswa. “Seluruhnya siswa MTs Al Hikmah ada 60 orang,” katanya seraya menambahkan, madrasah ini telah terakreditasi sejak tahun 2009 dengan nilai `B`. Sedangkan peserta UN di MTs N 15 Jakut sebanyak 134 siswa. (ks)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.191263 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 11288786
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013. Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.