Nasional

Dukung IAIN Syekh Nurjati Transformasi ke UISSI, Sekjen : Siapkan Perangkat Berbasis IT

FGD Transformasi Kelembagaan IAIN ke UISSI dan Staker PNBP ke BLU di IAIN Syekh Nurjati

FGD Transformasi Kelembagaan IAIN ke UISSI dan Staker PNBP ke BLU di IAIN Syekh Nurjati

Cirebon (Kemenag) --- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI, Nizar Ali mendukung sekaligus menyambut baik transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI).

"Saya menyambut baik hal ini, segera semua disiapkan dengan baik. Transformasi kelembagaan ini seiring dengan transformasi keuangannya, dari PNBP menuju BLU," kata Nizar Ali saat FGD Transformasi Kelembagaan IAIN ke UISSI dan Staker PNBP ke BLU di IAIN Syekh Nurjati, di kampus setempat, Kamis (23/9/2021).

"Semua stakeholders Kemenag mensupport ini, persiapan transformasi IAIN menuju UISSI. Ini yang pertama, tentu berarti tiada tandingnya," tambah Nizar Ali disambut tepuk tangan civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Nizar Ali menegaskan, agar seluruh jajaran pejabat dan civitas akademika menyiapkan tata kelola semuanya dengan baik. Sehingga, ekspektasi Kemenag terpenuhi dengan baik.

"Model pembelajaran daring nantinya akan terkoneksi ke Jakarta (red. Pusat), dan luringnya terpusat di kampus IAIN Syekh Nurjati, Cirebon," kata Nizar Ali.

Nizar Ali mengingatkan, tanggungjawab menuju UISSI ini tidak mudah merealisasikannya. Ini memerlukan kerja keras bersama.

"Saya harap, Ditjen Pendis dapat terus memantau dan mendampingi IAIN Syekh Nurjati," harap Nizar Ali.

Bagi Nizar Ali, syarat smart University itu minimal ada tiga. Pertama, infrastruktur kampus. Kedua, ketersediaan SDM yang menguasai IT. Ketiga adalah aplikasi sistem.

"Para Dosen harus mengupdate keilmuan IT nya. Karena core-nya adalah PJJ (pendidikan jarak jauh), maka diperbaiki dan diperkuat sistem teknologinya. Kampus harus memiliki pembeda dari kampus lain, sebagai ciri khas yang berbasis IT," tegas Nizar Ali.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Sumanta Hasyim menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran pejabat Kementerian Agama yang telah mensupport kampus yang berada di Kota Udang ini menuju UISSI. Dukungan terus berdatangan, baik dari internal Kementerian Agama maupun dari eksternal.

"Kampus mendapatkan dukungan baik dari eksternal dan internal. Baru-baru ini, ada kunjungan kerja dari Komisi VIII DPR RI, memberikan mendukung transformasi menuju UISSI. Ini adalah upaya inovatif Kemenag ingin menerobos dunia dari pembelajaran luring dan daring," kata Sumanta Hasyim.

FGD Transformasi Kelembagaan IAIN ke UISSI dan Staker PNBP ke BLU di IAIN Syekh Nurjati ini juga dihadiri oleh Karo Keuangan dan BMN, Subarja, Kakanwil Kemenag Jawa Barat, Adib, Kankemenag Kab/Kota Cirebon, dan sejumlah pejabat IAIN Cirebon Syekh Nurjati, Cirebon.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Sugito

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua