Gelar Upacara Purnama Kapat, Civitas UHN Doakan Indonesia Bebas Covid

Bangli (Kemenag) --- Civitas akademika Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus (IGB) Sugriwa menggelar persembahyangan bersama. 

Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan bahwa upacara ini menjadi momentum untuk pemujaan Sanghyang Candra dan Sanghyang Parameswara sebagai dewa yang memberikan keindahan dan kesejahteraan, agar Bangsa Indonesia terbebas dari Covid-19.

"Purnama Kapat merupakan Purnama yang berlangsung saat bulan keempat menurut penanggalan Bali," kata I Gusti Ngurah Sudiana, Rabu (22/9/2021).

"Mari sembahyang Sameton. Kita bersama sama berdo'a, agar Pandemi Covid-19 segera berakhir serta terwujud Moksartham Jagadhita Ya Caiti Dharma," sambungnya.

I Gusti Ngurah Sudiana yang juga Ketua PHDI Bali ini menyampaikan bahwa dalam menghadapi Purnama Kapat, civitas akademika UHN IGB Sugriwa Denpasar melaksanakan persembahyangan bersama. Salah satunya di Pura Ratna Saraswati, kampus Denpasar, Jalan Ratna Nomor 51, Tatasan.

"Purnama Kapat kali ini istimewa, karena bertepatan dengan Anggara Kasih/Anggarkasih Kulantir dan juga Kajeng Kliwon Wudan. Kemudian Anggara Kasih Kulantir dirayakan setiap Selasa Kliwon Kulantir yang jatuh setiap enam bulan sekali. Kesan keramat kian menguat manakala bertepatan dengan Kajeng pada Triwara. Kajeng Kliwon sendiri, berlangsung setiap 15 hari sekali," papar I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana menjelaskan bahwa pada bulan keempat kalender Bali disebut Sasih Kapat, yang mana pada Sasih ini tanam-tanaman sedang bersemi, matahari berada tepat di atas Khatulistiwa dan tepat di atas kepala atau tajeg surya.

"Pada Sasih ini, umat Hindu di Bali secara serentak melaksanakan upacara Panca Yadnya seperti Odalan, perkawinan, Mamukur, Padiksan dan lain-lain," kata I Gusti Ngurah Sudiana.

Menurut I Gusti Ngurah Sudiana, ketika pikiran manusia dipusatkan kepada Tuhan, maka manusia tersebut akan mendapatkan kedamaian dan ketenteraman lahir dan batin.

"Karena itulah civitas UHN melaksanakan upacara Purnama Kapat di kampus pusat jalan Rayna dan Bangli. Semoga dengan do'a yang sudah dipanjatkan, covid-19 yang melanda segera berakhir, bangsa ini damai dan tenteram," tutup I Gusti Ngurah Sudiana.