Nasional

Kaltara Akan Miliki Gedung Asama Haji Transit di Tarakan

Menag meninjau lokasi lahan pembangunan asrama haji transit Tarakan

Menag meninjau lokasi lahan pembangunan asrama haji transit Tarakan

Tarakan (Kemenag) --- Gedung Asrama Haji Transit milik Kementerian Agama akan dibangun di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Kepastian akan dibangunnya asrama haji transit tersebut ditandai dengan peninjauan lokasi lahan seluas 1,5 hektare oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Turut mendampingi Menag, Penasihat DWP Kemenag RI Eny Retno Yaqut, Kakanwil Kemenag Kaltara Suriansyah, pejabat Pemprov Kaltara dan Pemkot Tarakan.

Menag Yaqut berharap pada lahan hibah Pemkot Tarakan itu segera dibangun asrama haji transit untuk calon jemaah haji dari berbagai daerah di Kaltara.

"Saya minta segera matangkan master plane pembangunan asrama haji transit ini agar pada tahun 2022 nanti pembangunan sudah bisa dimulai," kata Menag di hadapan Kakanwil Kemenag Kaltara Suriansyah dan pejabat dinas PU Kaltara, Minggu (18/4/2021).

Kakanwil Kemenag Kaltara Suriansyah mengatakan, asrama haji transit Tarakan ini nantinya akan terkoneksi dengan masjid megah arsitektur Timur Tengah yang berada di kawasan Islamic Center Kota Tarakan. Status lahan seluas 1,5 hektare tersebut merupakan milik Kementerian Agama setelah dihibahkan oleh Walikota Tarakan Khairul pada April 2020.

"Hibah lahan dari Pemkot Tarakan ini diperuntukkan membangun asrama haji transit. Kami sangat berharap tahun depan pembangunan sudah bisa dimulai. Asrama haji ini akan terkoneksi dengan masjid di kawasan Islamic Center Tarakan," ujar Suriansyah.

Status lahan ini, lanjut Suriansyah, juga sudah diproses sertifikat tanahnya atas nama Kementerian Agama. Seyogyanya tahun ini proses pembangunan dimulai, namun karena ada keterlambatan pembahasan dan usulan di Bappenas, rencananya tahun depan.

"Insya Allah tahun depan akan dibangun. Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri Agama, Gubernur Kaltara, dan Walikota Tarakan atas dukungan Provinsi Kaltara memiliki gedung asrama haji transit," tandas Suriansyah.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua