Kembali Ukir Prestasi, Siswa MAN 1 Banyuwangi Raih Medali IYRC Korea

Banyuwangi (Kemenag) --- Siswa MAN 1 Banyuwangi kembali mengukir prestasi internasional. Tim Robotik madrasah ini meraih medali perunggu Indonesian Youth Robot Competition (IYRC) Korea 2021.

Kompetisi ini berlangsung dari Juli sampai Agustus 2021, diikuti beberapa negara, antara lain:  Indonesia, India, Mongol, Rusia, dan Thailand. Ajang yang terpusat di Korea ini digelar secara virtual. Setiap tim mengirim video presentasi mengenai sistem robot yang sudah dikembangkan atau yang sudah dilakukan sebelumnya.

Video presentasi yang dikirimkan kemudian dievaluasi dan dinilai oleh  dewan juri. “Alhamdulillah, siswa kami memperoleh medali perunggu atau bronze di IYRC Korea tahun 2021,” terang Kepala MAN 1 Banyuwangi, Saeroji, di Banyuwangi, Sabtu (4/9/2021).

Baca juga: Riset Transporter With IoT Berbasis Kamera MAN 1 Banyuwangi Raih Penghargaan dari Hongkong

Tim Robotik MAN 1 Banyuwangi mempresentasikan kakrya robot Aquaponik Prototipe. Robot ini  berfungsi untuk menabur benih tanaman yang dilengkapi sensor untuk mengecek suhu. Jika suhu lebih dari 37°c, maka sensor akan berbunyi. Bunyi itu dihasilkan oleh buzzer.

“Selain itu, robot ini juga dilengkapi sensor hujan untuk menutup dan membuka atap kolam aquaponic,” jelas Saeroji.

Tim Robotik MAN 1 Banyuwangi terdiri atas Amelia Cahyawati dan Iftitah Ahdani. Dalam prosesnya, mereka mendapat pendampingan dari Teguh Prasetio selaku pembina ekskul Robotika dan pembina ekskul Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).

Selain medali perunggu, lanjut Saeroji, MAN 1 Banyuwangi juga memperoleh penghargaan Excelent Award.