Nasional

Kemenag dan Baznas Sinergi Beri Layanan Kesehatan Tokoh Agama

Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani di Pesantren As-Shiddiqiyah

Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani di Pesantren As-Shiddiqiyah

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersinergi dalam memberikan dukungan layanan kesehatan kepada tokoh agama.

Dukungan ini antara lain diberikan dalam bentuk pemberian paket imun, hygtent kit, medical checkup, dukungan isoman, serta dukungan vaksinasi.

Program yang dikemas dalam bentuk "Kita Jaga Kiai" ini dilaunching hari ini, Senin (2/8/2021) di Pondok Pesantren Asshidiqiyah Kedoya, Jakarta Barat oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, mewakili Menteri Agama RI.

Menurutnya, program ini adalah bentuk kepedulian masyarakat zakat terhadap peran dan fungsi tokoh agama, para kiai, sebagai pilar ketahanan bangsa. Program ini merupakan terobosan di tengah pandemi Covid-19.

"Para kyai adalah garda terdepan yang paling banyak berhadapan dengan umat. Dengan mobilitasnya yang tinggi, para kyai tentu sangat mungkin menjadi pihak yang sangat riskan terdampak wabah Covid-19," ujar pria yang akrab disapa Dhani ini.

"Menjaga para kyai berarti menjaga pusat- pusat keilmuan, menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa," imbuhnya.

Dhani berharap program ini terus dikembangkan di berbagai daerah, sehingga terbangun pemerataan yang baik di seluruh Indonesia.

Wakil Ketua Baznas, Mokhamad Mahdum, menuturkan bahwa peran BAZNAS sebagai entitas Lembaga Pemerintah yang diberi mandat menyalurkan Zakat, Infag, Sedekah (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) sangat diperlukan dalam menjaga eksistensi para Kyai.

Program ini menurutnya memiliki 3 tujuan utama, yaitu menjaga kesehatan dan kebugaran, memberikan dukungan paket kesehatan, dan memberikan layanan kesehatan bagi para kiai dalam bentuk pembenan paket imun, hygtent kit, medical checkup, dukungan isoman, dan dukungan vaksinasi.


Editor: Moh Khoeron

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua