Nasional

Konsul Haji: 12 Ribu Jemaah Umrah Belum Ada yang Menggunakan Booster

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali

Jakarta (Kemenag) --- Dibuka sejak Agustus 2021, total sudah ada 12 ribu jemaah umrah yang ke Arab Saudi. Mereka berasal dari 10 negara, yaitu: Irak, Nigeria, Sudan, Jordan, Senegal, Bangladesh, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Uni Emirat Arab.

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, dari semua jemaah yang berangkat itu, belum ada yang menggunakan skema booster. “Sampai saat ini, berdasarkan informasi yang saya peroleh, belum ada jemaah yang memakai vaksin booster. Artinya, semua menggunakan vaksin yang juga di gunakan di Arab Saudi,” terang Endang Jumali dalam rapat virtual tentang persiapan penyelenggaraan ibadah umrah dengan Tim Kemenag, Kemenkes, Kominfo, dan PT Telkom, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Persiapan Penyelenggaraan Umrah, Pemerintah Bahas Vaksin Booster Hingga QR Code

Arab Saudi selama ini menggunakan empat jenis vaksin, yaitu: Pfizer, AstraZeneca, Jhonson&Jhonson, serta Moderna. “Bangladesh infonya hanya memberangkatkan jemaah yang menggunakan vaksin seperti yang digunakan oleh Arab Saudi,” sambung Endang.

Menurutnya, jemaah yang sudah mendapatkan dua kali vaksin dengan vaksin yang digunakan Arab Saudi, atau dua kali vaksin plus booster, tidak menjalani karantina setibanya di Jeddah atau Madinah. Mereka bisa langsung menjalankan ibadah. Adapun bagi jemaah yang baru mendapatkan satu kali vaksin, maka dia harus menjalani isolasi mandiri terlebih dahulu selama empat hari.

“Selama di Makkah dan Madinah, jemaah mendapat kesempatan sekali menjalakan umrah, dan sekali salat di Raudah,” tutur Endang.

“Adapun untuk Salat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, itu bisa dilakukan setiap waktu,” tutupnya.


Editor: Indah

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua