Nasional

SBSN Ubah Wajah Madrasah, Menag: Komitmen Layanan Kemenag Lebih Baik

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto : Romadaniel)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto : Romadaniel)

Mataram (Kemenag) --- Banyak gedung madrasah yang saat ini tampil megah dan representatif bagi pendidikan. Hal itu tidak terlepas dari program pemerintah untuk meningkatan sarana prasarana pendidikan melalui skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap keberadaan gedung-gedung baru tersebut menjadi pendorong dan penyemangat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag, khususnya madrasah, untuk melahirkan terobosan dalam perbaikan layanan pendidikan.

“SBSN telah mengubah perwajahan layanan pendidikan khususnya bagi Madrasah di Indonesia. Ini menjadi komitmen untuk layanan Kemenag yang lebih baik,” kata Gus Menteri saat meresmikan gedung pusat pembelajaran terpadu MAN 2 Kota Mataram, Kamis (11/3/2021).

Foto (Romadaniel)

Dipesankan Gus Menteri, gedung madrasah yang dibiayai SBSN agar tidak hanya tampak gagah dari aspek fisik, namun dioptimalkan bagi pelayanan pendidikan yang lebih baik. Madrasah juga harus melek media dan teknologi. “Teknologi telah membuka jalan kemudahan dalam akses layanan pendidikan, mendekatkan dan memangkas jalur birokrasi hingga menjadi efektif dan efisien,” kata Gus Menteri.

Ke depan, seluruh ASN Kemenag harus terus membangun komunikasi dan memperkuat koordinasi dari setiap unit. Sebab, keberhasilan unit kerja juga ditentukan oleh faktor koordiasi yang baik.

“Kita perkuat birokrasi dengan meningkatkan efektifitas dan efisiensi koordinasi antar lini, demi tercapainya sasaran dan tujuan bersama, membangun bangsa Indonesia yang lebih baik,” kata Gus Menteri.

Foto (Romadaniel)

Kepala MAN 2 Kota Mataram Lalu Sauki menyampaikan terima kasih atas perhatian Kemenag terhadap kemajuan dan perkembangan madrasah di Indonesia. “Kalau tidak ada dana SBSN ini, tidak mungkin MAN 2 Kota Mataram bisa semegah dan segagah sekarang,” kata Lalu Sauki.

Disampaikan Lalu Sauki, gedung SBSN MAN 2 Kota Mataram dibangun dua lantai di atas lahan kurang lebih 1000 meter persegi. "Gedung ini menambah semangat guru untuk lebih berkinerja dengan fasilitas yang lebih baik. Begitu juga kualitas siswa semoga turut meningkat," ujarnya.

"Saat ini, MAN 2 Kota Mataram memiliki 1.285 siswa. Terimakasih Pak Menteri Agama atas perhatiannya. Selamat datang di MAN 2 Kota Mataram,” tutupnya.

Tampak hadir dalam peresmian gedung SBSN MAN 2 Kota Mataram, Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimasnyah, Kakanwil Kemenag Provinsi NTB Zaidi Abdad, Kapolda Provinsi NTB M Iqbal, Wakil Walikota Tuan Guru Haji Mujiburahman, Rektor UIN Mataram Mutawali, Rektor UNU Baiq Mulianah dan perwakilan tokoh agama.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua