Minggu, 24 Juni 2018

Kanwil Kemenag DKI Targetkan Juara Umum Utsawa Dharmagita 2017

  • Sabtu, 08 Juli 2017 07:40 WIB
Kakanwil Kemenag DKI bersama official Utsawa Dharmagita 2017 di Palembang. (foto: fajar)

Palembang (Kemenag) --- Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta ikut berpartisipasi dalam kegiatan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional ke XIII di Palembang. Kepala Kanwil Abdurrahman menargetkan DKI meraih juara umum pada ajang yang berlangsung dari 6 - 10 Juli di Jakabaring, Palembang, Sumsel.

“Kita targetkan meraih prestasi yang membanggakan Provinsi DKI, yaitu juara umum,” ujarnya di Palembang, Jumat (07/07).

Menurutnya, kegiatan ini positif dalam upaya meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan kitab suci bagi umat Hindu, serta memperkokoh karakter bangsa, meningkatkan sraddha dan Bhakti sebagai landasan terbentuknya susila Hindu. "Mudah-mudahan kegiatan ini juga dapat dijadikan sarana dalam menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia, khususnya di Kota Palembang," sambungnya.

Pembimas Hindu I Gusti Made Mudana mengatakan, kontingen dari DKI Jakarta berjumlah 76 orang, terdiri dari 54 peserta, 19 official, dan 3 peserta sarasehan.
“Utsawa dharmagita tahun ini diikuti 10 sekolah minggu (Pasraman), 1 perguruan tinggi dan 5 lembaga keagamaan dari 5 wilayah di DKI Jakarta,” ucapnya.

Menurutnya, sesuai pedoman, ada 8  jenis dan kategori lomba. Tahun ini, Kontingen DKI Jakarta mengikuti semua jenis lomba, kecuali sloka putra.

Sebagaimana Kakanwil, I Gusti Made Mudana berharap setiap perwakilan peserta lomba dapat memberikan penampilan terbaik dalam Utsawa Dharmagita tahun ini, sehingga Kontingen DKI dapat meraih Juara Umum.

Utsawa Dharmagita XIII dibuka oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin. Utsawa tahun ini mengangkat tema, “Wahana Penguatan Pemahaman, Penghayatan dan Pengalaman Ajaran Hindu sebagai Wujud Revolusi Mental”.

Tampak hadir dalam pembukaan, Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin, Dirjen Bimas Hindu I Ketut Widnya, Ketua PHDI Wisnu Bawa Tenaya, Direktur Urusan Agama Hindu Wayan Tenaya, para KaKanwil Seluruh Indonesia, pejabat Eselon I dan II Dirjen Bimas Hindu, serta1511 peserta dari 33 Propinsi. (Fajar Inmas DKI)

Sumber : -
Penulis : Kontri
Editor : Khoiron
Dibaca : 2.716 kali