Minggu, 24 Juni 2018

Umat Buddha Gelar Wahana Negara Raharja di Batam

  • Kamis, 05 Oktober 2017 18:07 WIB
Menag Lukman Hakim Saifuddin foto bersama saat audiensi Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (foto:Sandi)

Jakarta (Kemenag) --- Umat Buddha akan Wahana Negara Raharja tahun 2017 di Batam. Acara ini diselenggarakan oleh Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI) dengan mengusung tema “Saya Indonesia, Saya Bangga”.

“Selain acara peribadatan, acara ini juga diisi dengan kegiatan sosial penanaman pohon untuk menjaga lingkungan sekitar,” kata Ketua Umum MNSBDI Herwindra Aiko Senosoenoto saat dihubungi Humas di Jakarta, Kamis (05/10).

Menurut Aiko, acara yang diselenggarakan Jumat (06/10) ini, dijadwalkan akan dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Selain itu, tidak kurang dari 2000 umat Buddha seluruh Indonesia juga dijadwalkan hadir. “Bahkan ada yang datang dari luar negeri, dan pada saat ini, sudah ada yang berdatangan ke kota Batam,” tuturnya. 

Aiko mengatakan bahwa beberapa hari yang lalu pihaknya juga sudah melakukan penanaman 9.00 pohon, 5.000 pohon ditanam di pinggir laut dan 4.000 pohon di darat.

Melalui kegiatan ini, Aiko  mengajak umat MNSBDI untuk terus aktif menjaga toleransi umat beragama. Menurutnya, itu merupakan salah satu bentuk pelaksanaan ajaran Agama Buddha untuk cinta Tanah Air.

“Bentuk realisasinya ialah dengan meningkatkan peran serta vihara dan umat untuk kesejahteraan masyarakat sekitar,” kata Aiko.

Ketua panitia Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK) Pusat Irwan Prasida berharap Wahana Negara Raharja (WNR) menjadi kendaraan yang dapat membawa negara menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. “Saya selalu mengajak umat Buddha untuk selalu membuat kasih nyata, untuk ikut memperbaiki lingkungan sekitarnya,” katanya.

“Batam adalah salah satu pulau penting dalam mempertahankan NKRI dan memperkuat cinta tanah air dan nasionalisme,” tandasnya.

Sumber : -
Penulis : M Arif Efendi
Editor : Khoiron
Dibaca : 2.337 kali