Minggu, 24 Juni 2018

Kemenag Kembangkan Inovasi Baru, 45ribu Penyuluh Agama Bisa Terkoneksi

  • Rabu, 11 Oktober 2017 16:13 WIB
Menag Lukman beri sambutan pada Pembinaan ASN Kanwil Kemenag Banda Aceh (foto:Danyl)

Aceh (Kemenag) --- Kementerian Agama sudah mengembangkan elektronik Penyuluh Agama Islam (E-PAI). Inovasi baru ini bertujuan agar semua penyuluh di Indonesia semakin terorganisir dengan baik, kiprahnya semakin sistematis dan terencana sehingga nilai kebermanfaatannya semakin luas.

“Saat ini, Kemenag memiliki tidak kurang 45000 penyuluh Non PNS saling terkoneksi dengan berbasis e- PAI,” kata Menag saat memberikan sambutan pada acara pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kanwil Banda Aceh, Selasa (10/10).

Kemenag juga melakukan revitalisasi sejumlah Kantor Balai Nikah dan Manasik Haji di banyak Kabupaten/Kota di Indonesia. 

Reformasi di KUA juga telah menyumbang banyak Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), hingga Rp1.6triliun bahkan kini mencapai Rp2.7triliun. Capain ini diapresiasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 

Inovasi Kemenag lainnya, berupa pengembangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Program ini dikembangkan, agar semua bentuk layanan pada Kementerian agar lebih transparan dan mudah.

“Dengan adanya PTSP ini, layanan dilakukan secara online, lebih mudah, murah, dan membangun transparansi serta akuntabilitas,” kata Menag.

Terobosan lainnya adalah proses pembayaran honor secara non tunai. Terobosan ini dipelopori oleh Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenag. “Ini memungkinkan tidak adanya praktik manipulatif, karena semua transparan dan akuntabel,” ujar Menag.

“Ini harus dilakukan, dan saya berharap Aceh bisa melakukan itu dan semua Kanwil Kemenag bisa mengembangkan PTSP, agar masyarakat terlayani dengan baik,” tandas Menag.

Tampak hadir dalam acara ini, Dirjen Pendis Kamaruddin Amin, Rektor UIN Ar-Raniry, Sekretaris Irjen, Para Direktur, serta Para Kakanwil Kemenag Provinsi se Indonesia. 
 

Sumber : -
Penulis : M Arif Efendi
Editor : Khoiron
Dibaca : 4.695 kali