Sabtu, 24 Februari 2018

Dirjen Bimas Hindu Resmikan Pasraman Madyama Widya

  • Kamis, 19 Oktober 2017 20:51 WIB

Jakarta (Kemenag) --- DIrjen Bimas Hindu  I Ketut Widnya  meresmikan  Pasraman Madyama Widya Dwijendra. Peresmian pasraman yang terletak di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, ini dilakuakn pada Rabu, 18 Oktober 2017, ditandai  penandatanganan prasasti.

Tampak ikut menyaksikan peresmian ini, Bupati Donggala, Ketua DPRD Donggala, Pembimas hindu Sulawesi Tengah dan sekitar 500 orang umat Hindu Donggala.

"Madyama Widya Pasraman merupakan sekolah setingkat SMP, nantinya akan menerapkan sistem 'boarding school'," kata Widnya sebagaimana dikutip dari antara, Kamis (19/10).

I Ketut Widnya menilai  Sulawesi Tengah sebagai salah satu provinsi yang paling siap melaksanakan pendidikan pasraman. Sampai saat ini, ada dua pasraman formal yang sudah mendapat izin operasional, satu di Kabupaten Donggala dan satu lagi di Kabupaten Parigi.

"Umat Hindu tidak perlu merasa ragu menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah pasraman karena tamatan pasraman tetap berpeluang melanjutkan pendidikan ke sekolah umum," paparnya.

Tamatan SD Pasraman, kata Widnya, tetap bisa melanjutkan pendidikan ke SMP Umum. Demikian juga lulusan SMP Pasraman bisa melanjutkan ke SMA Umum. Lulusan SMA Pasraman juga bisa kuliah di perguruan tinggi umum.

"Salah satu keunggulan pendidikan pasraman adalah mampu menghasilkan anak didik yang berkarakter dan mempunyai moralitas. Ini berdasarkan pengalaman di India yang selama berabad-abad mengelola pendidikan gurukula," terang Widnya.

Sampai Juli 2017, Ditjen Bimas Hindu telah memberikan izin operasional kepada  20 pasraman, terdiri dari  15 pasraman formal dan lima pasraman non formal.

Sumber : antara
Penulis : Khoiron
Editor : Khoiron
Dibaca : 1.064 kali