Rabu, 26 September 2018

IHDN Denpasar Berbenah untuk Bertransformasi menjadi Universitas

  • Sabtu, 04 November 2017 19:58 WIB

Denpasar (Kemenag) --- Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar terus berbenah diri.  Rektor IHDN I Gusti Ngurah Sudiana mengaku, pihaknya terus melakukan perubahan dan perbaikan demi tercapainya perubahan IHDN menjadi Universitas. Menurutnya, cita-cita itu sudah lama diidam-idamkan oleh segenap civitas akademika IHDN.

“Hari ini kita kedatangan Karo Ortala Kementerian Agama untuk dapat memberikan bimbingan dan arahan terkait keinginan IHDN menjadi Universitas. Semoga kita dapat menyerap ilmu yang disampaikan untuk membangun IHDN yang lebih baik,” kata I Gusti Ngurah Sudiana dalam Silaturahim dan Pembinaan Pengembangan Perguruan Tinggi, di Denpasar, Bali, Sabtu (04/11).

“Semoga kami semua bisa menyerap ilmunya dan memberikan inspirasi baru untuk membangun IHDN yang lebih baik,” sambungnya.

Karo Ortala Afrizal Zein dalam paparannya  mendukung upaya  IHDN untuk bertransformasi menjadi Universitas Hindu Negeri pertama di Indonesia. Kalau dulu semua civitas akademika sekolah tinggi ini berjuang untuk menjadi Institut, kata Afrizal, sekarang saatnya  berjuang untuk menjadikan IHDN  menjadi universitas.

Untuk itu,  ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan dengan baik, terutama yang diatur dalam  UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan PMA Nomor 15 tahun 2014 tentang Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Keagamaan. “Tidak ada alasan untuk tidak mengubah bentuk. Belum pernah ada di Indonesia, Universitas Hindu Negeri. Ini bakal menjadi satu-satunya yang sudah lama statusnya Institut menjadi Universitas,” katanya.

Menurut Afrizal, Biro Ortala Kementerian Agama  akan mendukung dan memberikan pengawalan, untuk menjadikan IHDN menjadi Universitas. “Mari kita bersama-sama untuk mengelompokkan tugas organisasi harus tepat fungsi, ukuran dan proses,” kata Afrizal Zein.

Tampak juga hadir dalam acara Dirjen Bimas Hindu I Ketut Widnya, Wakil Rektor  I, II, III dan dosen serta segenap civitas akademika IHDN Denpasar.

Sumber : -
Penulis : M Arif Efendi
Editor : Khoiron
Dibaca : 846 kali