Sabtu, 24 Februari 2018

Disambut Tarian Tortor, Menag Buka Lomba Paduan Suara PTA Katolik

  • Minggu, 05 November 2017 20:50 WIB
Menag Lukman Hakim Saifuddin memukul gong tanda pembukaan Pagelaran Paduan Suara Tkt. Nasional PTA Katolik 2017 di Jakarta. (foto:danil).

Jakarta (Kemenag) – Disambut tarian tradisional Batak Sumatera Utara, Tortor, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka lomba atau Pagelaran Paduan Suara Tingkat Nasional Perguruan Tinggi Agama (PTA) Katolik di Jakarta, Minggu (5/11).

Pagelaran paduan suara tingkat nasional yang digelar setiap 3 tahun ini diikuti 20 Perguruan Tinggi Agama Katolik seluruh Indonesia, dengan jumlah kontingen 440 orang bersama official masing-masing kontingen.

Menag menyampaikan, lomba atau pagelaran paduan suara ini  tidak hanya semata bisa kita lihat dari perspektif seni semata, tapi banyak hal positf yang bisa didapatkan, di antaranya agar bagaimana kita generasi muda senantiasa terbiasa mengolah rasa, memiliki sensitifitas.

“Bagaimana rasa hadir dalam kita menebarkan kasih kepada sesama sebagai kewajiban kita sebagai manusia di tengah masyarakat. Agama bisa tidak hanya bisa didekati dengan nalar, tapi juga rasa,” ujar Menag.

Menag juga mengusulkan agar kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan tiga tahun sekali, tapi bisa 2 tahun sekali atau setiap tahun.

Dirjen  Bimas Katolik Eusabius Binsasi mengatakan, pagelaran atau  lomba paduan suara ini memperebutkan Piala Bergilir Menter Agama, yang tahun 2013 lalu diraih Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Institut Pastoral Indonesia (IPI) Malang Jawa Timur.

Tampak hadir, selain Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Dirjen Bimas Kristen Thomas Penturry, Ketua Presidium KWI/Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo, anggota Komisi VIII Itet Tridjajati Sumarijanto, pejabat eslelon II Kemenag, dan pimpinan PTA Katolik.

Sumber : -
Penulis : dodo
Editor : dodo
Dibaca : 1.190 kali