Selasa, 25 September 2018

Sekjen Minta Jajarannya Percepat Realisasi Program dan Anggaran 2017

  • Senin, 06 November 2017 22:01 WIB
Sekjen Nur Syam Pimpin Rapat Evaluasi Anggaran 2017 dan penganggaran 2018 Sekretariat Jenderal Kementerian Agama, Senin (06/11). Foto : Sandi

Jakarta (Kemenag) --- Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam meminta agar unit kerja yang dipimpinnya segera mempercepat realisasi program dan anggaran tahun 2017. Hal ini diungkapkan Sekjen ketika memimpin rapat evaluasi pelaksanaan anggaran 2017 dan rencana penganggaran 2018 Setjen Kemenag, di Jakarta.

Di hadapan para pejabat eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal,  Nur Syam berharap Setjen tidak menjadi unit eselon I yang berada di posisi terendah dalam serapan anggaran.

“Saat ini Sekretariat Jenderal berada di posisi ke-7 secara nasional, jangan sampai kita berada di paling bawah kalau kita tidak melakukan percepatan-percepatan,” ujar mantan rektor UIN Sunan Ampel ini, Senin (06/11).

Sekjen menginstruksikan agar unit eselon II yang masih memiliki anggaran yang belum terserap dapat dioptimalkan lagi penyerapannya. Bahkan ia menyarankan agar antara unit eselon II dapat berkoordinasi dalam proses penyerapan anggaran.

Mantan Dirjen Pendidikan Islam ini juga berharap agar jajarannya lebih memperhatikan lagi anggaran Belanja Pegawai agar lebih realistis. Ia menilai bahwa pada dasarnya belanja pegawai mulai awal tahun hingga akhir tahun dapat diperkirakan besarannya dengan terus diperhatikan penyerapannya.

Kepada Karo Keuangan dan BMN, Nur Syam minta untuk memperhatikan kemungkinan terjadinya pagu minus pada setiap unit kerja di Kementerian Agama agar dapat segera diselesaikan.

"Jangan sampai melebihi pagu minus tahun lalu," pesan Sekjen.

Point lain yang muncul dalam rapat ini adalah pentingnya efesiensi dalam penyerapan anggaran. Nur Syam mengatakan, efesiensi bukanlah ketidakmampuan Kemenag dalam menyerap anggaran, akan tetapi merupakan bentuk efesiensi alamiah dari penyerapan anggaran dari masing-masing unit kerja.

Hadir dalam rapat tersebut Karo Umum Syafrizal, Karo Keuangan dan BMN Ali irfan, Karo Perencanaan Ali Rokhmad, Karo Ortala Afrizal Zen, perwakilan dari Biro HDI dan PKUB.

Sumber : -
Penulis : Didah
Editor : Khoiron
Dibaca : 895 kali