Senin, 20 Agustus 2018

Tim Tari MTsN 1 Kotamobagu akan Tampil di IIEE 2017

  • Selasa, 14 November 2017 15:31 WIB

Jakarta (Kemenag) --- Tim tari MTsN Kotamobagu Sulawesi Utara akan turut tampil dalam ajang International Islamic Education Expo (IIEE) 2017. IIEE 2017 akan diselenggarakan di ICE BSD Serpong Tanggerang, 21 – 24 November 2017.

Kepala MTs Negeri 1 Kotamobagu Sulawesi Utara, Intan Safitri Mokodompit  mengatakan, keikutsertaan madrasahnya dalam memeriahkan International Islamic Education Expo lewat seni tari menjadi kebanggaan tersendiri. “Dengan tarian, kami ingin memperkenalkan budaya daerah. Selain itu ingin menyampaikan ke publik bahwa anak madrasah juga bisa melestarikan budaya daerah sebagai budaya bangsa,” ujar wanita yang biasa disapa Intan lewat sambungan telepon, Selasa (14/11).

“Penari terdiri dari lima orang siswa kelas delapan. Tarian yang akan dipentaskan adalah tarian dari daerah daerah Bolaang Mongondow. Nama tarinya adalah Tari Motobatu, Motobatu artinya bersatu,” sambung Intan.

Tari Motobatu , lanjut Intan, berkisah tentang rakyat Bolaang Mongondow yang hidup bersama menjunjung tinggi toleransi,  dan ketika bekerja selalu diawali dengan doa. “Tarian ini mengajarkan bahwa Bolaang Mongondow dengan berbagai suku dan agama tetap menjunjung nilai budaya dan toleransi antar umat bergaama,” sambungnnya.

“Dan ini merupakan salah satu media pendidikan karakter siswa, akan pentingnya toleransi dalam keberagaman,” imbuh Intan.

Intan merasa bangga, tim tari MTsN 1 Kotamobagu bisa ikut berpartisipasi dalam ajang International Islamic Education Expo lewat seni tari memiliki kebanggaan tersendiri. “Saya berharap tampilnya tim tari MTsN 1 Kotamobagu memotivasi anak didik untuk terus berlatih dan belajar,” harap Intan. 

Tim tari MTsN Kotamobagu Sulawesi Utara memperoleh juara harapan 3 Nasional dalam ajang lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional bulan Juni lalu.

Sumber : -
Penulis : Maryani Abdul Muiz
Editor : Khoiron
Dibaca : 421 kali