Rabu, 15 Agustus 2018

Direktur PD Pontren Lantik 94 Dewan Hakim MQKN VI

  • Kamis, 30 November 2017 22:30 WIB
Dir PD Pontren Ahmad Zayadi lantik Dewan Hakim MQKN VI. (Foto: Daniel)

Jepara (Kemenag) --- Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ditjen Pendidikan Islam Ahmad Zayadi melantik 94 Dewan Hakim Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) tingkat Nasional VI Tahun 2017. Pelantikan berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Jepara Provinsi Jawa Tengah, Kamis (30/11), bersamaan Malam Ta'aruf.

Ahmad Zayadi berharap, penyelenggaraan MQK mampu menghasilkan format terbaik, untuk selanjutnya berhasil melembagakan tradisi ponpes ini.

"Akhir-akhir ini, tradisi Qiraatil Kutub mengalami penurunan. Dengan adanya MQK, semoga tradisi ini bisa lebih baik dan kita bisa perbaiki kelembagaannya. Kita berharap banyak, MQK mampu menjadi instrumen penting," harap Direktur.

"Semoga apa yang kita lakukan ini, bisa menjadi rahmat bagi Jepara, Jateng, dan Indonesia. Serta menjadi wasilah bagi kita semua untuk hidup menjadi lebih baik," imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengucapkan Sugeng Faqih, Selamat Datang di Bumi Kartini.

"Selamat Datang di Jepara, sebuah daerah yang diduniakan oleh 3 sosok wanita; Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, dan Ibu RA Kartini. Jepara sangat komplit SDA nya. Kami mempunyai gunung, daratan, pantai dan kepulauan. Terima kasih atas kepercayaan Kemenag menempatkan MQKN VI ini di Daerah kami," tutur Bupati.

Pada MQKN VI ini, Dewan Hakim ditetapkan sejumlah 94 orang, terdiri dari:

Pertama, Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Wakil Sekretaris masing-masing 1 orang;

Kedua, Koordinator, masing-masing 1 orang untuk setiap marhalah (3 marhalah);

Ketiga, Anggota; masing-masing 3 orang untuk setiap bidang (29 bidang atau 87 orang)

KH Said Aqil Husein Al Munawar didaulat sebagai Ketua Dewan Hakim. Selaku Wakil Ketua KH D Hidayat, dan Sekretaris Irhas Sobirin.

Zayadi mengingatkan agar Dewan Hakim memberikan penilaian yang jujur, adil dan bertanggungjawab. Karenanya, sebelum pelaksanakan tugas, Dewan Hakim diwajibkan melakukan Ikrar Sumpah Dewan Hakim.

MQKN VI ini berlangsung pada 29 November - 7 Desember 2017 dan dipusatkan di Ponpes Roudlotul Mubtadiin, Balekambang Kabupaten Jepara.

Hadir dalam Malam Ta'aruf dan Pelantikan Dewan Hakim MQKN VI yang mengusung Tema: Dari Pesantren untuk Penguatan Karakter dan Kepribadian Bangsa tersebut, hampir sekuruh Kakanwil Kemenag se Indonesia dan Perwakilan Pemprov Jateng.

Sumber : -
Penulis : pujiyanto
Editor : Khoiron
Dibaca : 461 kali