Jum'at, 25 Mei 2018

Menag Resmikan Wihara Ekayana Serpong

  • Minggu, 17 Desember 2017 17:39 WIB
Menag resmikan Wihara Ekayana di Serpong, Tangerang. (foto: Daniel)

Serpong (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Wihara Ekayana yang terletak di jalan Ki Hajar Dewantara, Gading Serpong, Tanggerang, Minggu (17/12).

Wihara Ekayana berdiri pada tahun 2014 dan mulai digunakan pada 2016. Terdiri dari lima lantai seluas 1000 meter persegi di lahan 3500 meter persegi, Wihara Ekayana memiliki fasilitas seperti ruangan kebaktian, ruangan meditasi, sekolah minggu serta perpustakaan. Terdapat juga fasilitas tempat tinggal para biksu.

Menag Lukman, bersyukur telah berdiri bangunan megah seperti Wihara Ekayana. Dia berharapan Wihara itu dapat menampung umat Buddha dalam melaksanakan ibadah serta sabagai tempat pembinaan umat melalui pendidikan agama dan keagamaan.

Menag Lukman yang didampingi Dirjen Bimas Buddha Chaliadi, mengimbau kepada pengurus agar Wihara dimanfaatkan juga sebagai wahana untuk lebih meningkatkan koordinasi dan konsolidasi pembinaan umat.

"Sehingga, melalui peran Wihara, umat Buddha dapat selalu membangun rasa kebangsaan dengan sikap saling menghargai, mengedepankan dan mengembangkan nilai cinta kasih di dalam masyarakat yang majemuk," ujar Menag Lukman.

“Jadikan tempat megah ini sebagai wahana untuk membina diri sebagaimana ajaran Buddha yang berlandaskan cinta kasih," sambungnya.

Kepala Wihara Ekayana Serpong Biksu Aryamatri Mahasthavira mengucapakan terimakasih kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang hadir dan meresmikan Wihara Ekayana.

Menurut Biksu, berdirinya Wihara Ekayana diharapkan dapat menjadi pusat pengembangan agama Buddha yang esensial dan kontekstual.

Wihara ini menyediakan tempat bagi anak-anak remaja, dan pemuda Buddhis untuk belajar dan mempraktikan agama Buddha di kehidupan sehari-hari. Sebelumnya, Wihara Ekayana juga pernah digunakan menjadi tempat perayaan Waisak serta hari besar Buddha lainnya.

Selain itu, Wihara juga digunakan sebagai tempat bakti sosial kemasyarakatan dengan mengadakan program Ekayana Peduli seperti donor darah dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Biksu Aryamaitiri Mahasthavira berharap, Wihara Ekayanan ini dapat bermanfaat bagi umat Buddha khususnya dan masyarakat luas. (Moko)

Sumber : -
Penulis : Kontri
Editor : Khoiron
Dibaca : 572 kali