Senin, 16 Juli 2018

IAIN Jember Gelar Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional

  • Selasa, 10 Juli 2018 14:15 WIB

Jember (Kemenag) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember akan menggelar Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional (Sharia Faculty National Moot Court Competition) Tahun 2018. Ajang kompetisi yang dimaksudkan untuk mengasah keilmuan dan keahlian hukum para mahasiswa Fakultas Syariah dari seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Indonesia akan digelar 12 – 15 September 2018 di IAIN Jember.

Kompetisi ini mengangkat tema "Menempa Moralitas dan Kemahiran Hukum Bagi Mahasiswa Fakultas Syariah PTKIN Menuju Profesi Hukum Yang Bermartabat Dan Profesional".

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengatakan bahwa kompetisi ini bertujuan untuk menyiapkan calon praktisi hukum yang memiliki kemampuan akademis dan kemahiran hukum yang kompetitif.

“Mahasiswa Fakultas Syariah merupakan calon praktisi hukum yang diharapkan menjadi ujung tombak dari cita-cita negara hukum Indonesia. Karena itu, kompetisi ini menjadi penting sebagai tangga awal untuk melatih kemampuan akademis dan menganalisis secara kritis mengenai permasalahan hukum yang berkembang di masyarakat”, ungkap Babun Suharto, Rabu (10/7) di Jember.

Karena itu, pihaknya mengaku bahwa kompetisi ini digelar untuk tingkat nasional bagi seluruh PTKIN Indonesia. “Kompetisi ini akan diikuti oleh mahasiswa Fakultas Syariah dari pelbagai PTKIN di Indonesia. Karena itu, kami berharap lembaga PTKIN di seluruh Indonesia dapat berpartisipasi mengikuti kompetisi ini”, tutur Babun.

“IAIN Jember siap menjadi tuan rumah dalam ajang pergelaran kompetisi yang bergengsi ini”, tambahnya.

Dekan Fakultas Syariah IAIN Jember Sutrisno menuturkan bahwa upaya yang relevan dilaksanakan saat ini untuk mempersiapakan mahasiswa Fakultas Syariah sebagai calon praktisi hukum yang profesional adalah melalui kompetisi peradilan semu.

“Dari kompetisi ini, kami berharap dapat menjadi pemicu minat mahasiswa Fakultas Syariah untuk menyiapkan diri menjadi praktisi hukum (hakim, panitera, jaksa, advokat) dan profesi hukum lainnya”, demikian disampaikan Dekan Fakultas Syariah IAIN Jember.

Dikatakan Sutrisno, kompetisi ini dapat memberikan semangat kepada mahasiswa untuk dapat menjadi pionir dalam pengembangan ilmu syariah dan hukum pada semua lingkungan peradilan dan profesi hukum lainnya.

Ketua Panitia Kompetisi Peradilan Semu Martoyo mengungkapkan bahwa secara teknis, Fakultas Syariah IAIN Jember telah menyiapkan dengan baik penyelenggaraan kompetisi ini. Pihaknya mengaku, panitia telah menyiapkan segala hal mulai dari sosialisasi pengumuman, peraturan kompetisi, dan hal teknis lainnya termasuk hadiah bagi pemenang.

“Peserta kompetisi ini akan memperebutkan piala rektor IAIN Jember serta total hadiah puluhan juta rupiah. Untuk itu, segala informasi yang berkaitan dengan kompetisi ini, dapat diakses pada website IAIN Jember dengan alamat http://www.iain-jember.ac.id/”, ungkap Martoyo yang juga menjabat Kepala Laboratorium Fakultas Syariah IAIN Jember.

Sumber : IAIN Jember
Penulis : Wildan Hefni
Editor : Khoiron
Dibaca : 1.166 kali