Rabu, 26 September 2018

Lagi, Siswa Madrasah Raih Prestasi Internasional

  • Rabu, 11 Juli 2018 09:31 WIB

Jakarta (kemenag) --- Prestasi membanggakan dalam ajang internasional kembali diraih oleh siswa madrasah. Adalah Syahrozad Zalfa Nadia (Ocha) dan Avicenna Roghid Putra Sidik (Ave), mereka meraih dua medali dalam gelaran 4st Science Technology Innovation Robotic with U (S.T.I.R with U) Competition 2018 , 6 – 9 Juli 2018 di Planetarium Negara Malaysia.

Mewakili MTs Pembangunan, Ocha meraih Best Engineering kategori Solar Robot. Sedang Avicenna Roghid Putra Sidik yang mewakili MI Pembangunan meraih Best Design Award kategori Solar Robot. Keduanya merupakan, pasangan kakak beradik yang tergabung dalam tim robotic Madrasah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A. Umar mengatakan bahwa dirinya bersyukur dan sangat mengapresiasi keikutsertaan siswa madrasah dalam lomba robotic internasional. “Saya bersyukur siswa madrasah sekarang makin hebat dan prestasinya luar biasa. Keikutertaan  dan keberhasilan siswa Madrasah Pembangunan UIN Jakarta ini membuktikan bahwa prestasi siswa madrasah sudah sampe tingkat internasional,” ujar Umar di Jakarta, Senin (09/07).

Instruktur Madrasah Pembangunan Robotic Club (MPRC) yang juga orang tua Ocha dan Ave, Himatul Laily Waisnaini, mengatakan bahwa kategori yang diikuti kedua anaknya adalah Solar Robotic.

Dikatakan Laily, bahwa dirinya selalu mendampingi Ocha dan Ave di setiap kompetisi termasuk Malaysia. Menurutnya, apa yang dilakukannya adalah bentuk apresiasi serta memotivasi kepada sang anak. “Sebagai orang tua, saya hanya bisa mendukung dan berusaha memfasilitasi potensi yang dimiliki anak,” imbuhnya.

Kiprah Ocha dalam lomba robotic sudah banyak menorehkan presatasi. Beberapa prestasi yang pernah diraih; Medali Emas di International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) di Jepang, Medali Emas di International Youth Robot Competition (IYRC) di Korea Selatan, Medali Emas di Asian Youth Robot Olympiad (AYRO) di Singapura, Medali Emas di Wonderful Indonesia Robot Competition (WIRC)dan Medali Emas di Kompetisi Robotic Nasional (KRON).

 

Sumber : -
Penulis : Maryani Abdul Muiz
Editor : Khoiron
Dibaca : 821 kali