Selasa, 25 September 2018

Kemenag Gelar ACRP, Forum Uji Kualitas Proposal Penelitian dan Publikasi Ilmiah PTKI

  • Kamis, 12 Juli 2018 08:57 WIB
Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Negeri Arskal Salim

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama untuk kali pertama akan menggelar Annual Conference on Research Proposal (ACRP). Event ini akan berlangsung di Bogor, 18 – 19 Juli 2018, dan dijadwalkan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Arskal Salim, mengatakan, ACRP merupakan salah satu program inisiatif Diktis untuk menguji kelayakan proposal penelitian para dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), negeri maupun swasta. ACRP juga menjadi ajang pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan para dosen, khususnya di bidang riset dan publikasi ilmiah. 

“Pada forum ACRP juga akan dilakukan soft launching Agenda Riset Keagamaan Nasional (Arkan). Arkan diharapkan menjadi rujukan penelitian di lingkungan PTKI untuk durasi 10 tahun ke depan," ujarnya di Jakarta, Kamis (12/07).

Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Suwendi, mengatakan bahwa pengusul proposal riset dan publikasi ilmiah tahun anggaran 2018 mencapai 1.967 judul. Proposal yang masuk itu diseleksi secara administrasi dan validitas data hingga terpilih 1.490 judul. Tahap selanjutnya adalah penilaian reviewer secara daring (online) untuk mendapatkan proposal yang dinilai layak untuk diundang dalam ACRP. 

Terakhir, dari proposal yang terjaring melalui review secara daring ini diuji kembali oleh Tim Reviewer berdasarkan kevalidan, orisinalitas, integritas akademis, dan kontribusinya terhadap dunia PTKI dan kehidupan keagamaan serta keindonesiaan. "Hasilnya,  direncanakan ada 881 proposal yang dibiaya dengan total anggaran 45,7 M. Jadi, anggaran yang tersedia mampu membiayai 59.52% dari total yang mendaftar," terang Suwendi. 

Doktor jebolan UIN Jakarta ini menambahkan, seluruh tahapan, mulai dari pendaftaran, seleksi berkas, penilaian tim review dilakukan dengan mekanisme daring melalui laman litapdimas.kemenag.go.id. Dengan mekanisme ini, setiap tahapan proses terekam dan akuntable. Seluruh dosen PTKIN dan PTKIS juga dapat mengakses seluruh informasi bantuan riset dan publikasi ilmiah melalui laman ini. Hingga saat ini,  ada 15.904  (55.34%) dosen PTKI yang telah memiliki account di litapdimas.kemenag.go.id.

“ACRP akan dihadiri oleh para peneliti, para pimpinan PTKIN, komunitas LP2M/P3M PTKI seluruh Indonesia,” tandasnya. (S1)

Sumber : Diktis
Penulis : Kontri
Editor : Khoiron
Dibaca : 1.551 kali