Kamis, 18 Oktober 2018

Menag Buka The 3rd International Conference University-Community Engagement 2018

  • Senin, 08 Oktober 2018 16:34 WIB
(foto: Boy Azhar)

Malang (Kemenag) --- Gelaran The 3rd International Conference University-Community Engagement (ICON-UCE)  2018 dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. ICON-UCE berlangsung tiga hari,  8-10 Oktober, di UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang.

"Saya harap kualitas riset semakin baik dalam rangka menjawab kebutuhan dan mengatasi problem masyarakat," terang Menag di Malang,  Senin (08/10).

ICON-UCE 2018 mengambil tema “From Research to Advocacy: Building Synergy between University and Community for Social Justice” atau ”Dari Riset ke Advokasi: Membangun Sinergi antara Universitas dan Masyarakat untuk Keadilan Sosial”. Ini merupakan gelaran ketiga. Sebelumnya,  acara yang sama digelar di Makassar (2014) dan Surabaya (2016).

Menag menilai,  gelaran konferensi dengan tema relevansi riset dengan pengabdian masyarakat di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) sudah terlambat. Mestinya, hal itu sudah dibahas beberapa puluh tahun lalu.

"Ini harusnya sudah menjadi komitmen sejak dulu bahwa salah satu tridharma perguruan tinggi kita yaitu penelitian, harus terkait dengan tridharma lainnya, yaitu pengabdian," tutur Menag.

"Semua penelitian dan kajian harus berkorelasi secara kuat dalam menjawab persoalan yang dihadapi umat, problem konkrit yang dihadapi masyarakat," lanjutnya.

Menag berharap,  konferensi ini menjadi ajang peneguhan komitmen bersama untuk terus aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang bermanfat.

Kegiatan ini diikuti sekitar 500 peserta aktif dan sejumlah narasumber baik dari kalangan akademisi, peneliti kampus, aktivis NGO pemberdayaan masyarakat di berbagai daerah, pemerintah daerah penggerak pemberdayaan masyarakat, kedutaan Inggris, antropolog Jepang, dan lain-lain. Kegiatan dilakukan dalam bentuk plennary session dan panel session yang akan membahas berbagai best-practices dan kebijakan penguatan pendampingan masyarakat, juga akan bahas 185 artikel pengabdian masyarakat berbasis riset dari kalangan dosen. 

Sumber : Diktis
Penulis : Khoiron
Editor : Khoiron
Dibaca : 240 kali