Kamis, 18 Oktober 2018

Saat Menag Memotret Foto Lawas Ayahanda

  • Rabu, 10 Oktober 2018 23:13 WIB

Krapyak (Kemenag) --- Ada yang berbeda saat Menag Lukman Hakim Saifuddin meninjau Exhibition Sorban dan Pegon Kyai. Di salah satu sudut ruang pamer, Menag tiba-tiba mengeluarkan smartphone nya, lalu memfoto salah satu gambar yang terpasang di dinding pameran.

'Cekrek’, demikian Menag mengabadikan foto hasil repro tersebut. Keterangan dalam foto menyebutkan, gambar diambil kala KH Saifuddin Zuhri, yang pernah menjabat sebagai Menteri Agama kurun 1961-1964, mengunjungi Banyuwangi (Jawa Timur) pada dekade 1960-an.

Menag berkunjung ke ruang pameran sorban dan pegon kyai usai membuka Muktamar Pemikiran Santri Nusantara di PP Al Munawwir, Krapyak, Yogyakarta, Rabu (10/10) siang. Lokasi pameran terletak di lapangan yang berada sekira 300 meter sebelah utara tempat pembukaan muktamar.

Naik andong - moda transportasi tenaga kuda - Menag Lukman menuju tempat pameran. Duduk berdua bersama Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Ahmad Zayadi di belakang kusir. 

Memasuki arena pameran, Menag kali pertama kunjungi anjungan yang berisi kaligrafi dan seni lukis kontemporer. Di sini, Menag melihat sejumlah kitab dan manuskrip karya ulama nusantara. Keluar dari anjungan, Menag berkeliling dari satu stand ke stand lainnya. Dan di salah satu stand, Menag terhenti cukup lama. Ia menatap salah satu foto lawas Ayahanda tercinta: KH Saifuddin Zuhri. 

Dalam foto tersebut, KH Saifuddin Zuhri tampil elegan: mengenakan setelan jas putih dipadu dasi dan kopiah hitam khas nusantara. Dia tampak diapit beberapa tokoh Banyuwangi.

Usai puas memandang foto wajah Ayahanda, Menag Lukman melanjutkan berkeliling ke stand lainnya. Tampak ikut mendampingi, Kabiro Humas Data dan Informasi Mastuki, dan Kakanwil Kemenag DIY Muhammad Lutfi Hamid. (Bram) 

Sumber : Kanwil DIY
Penulis : Kontri
Editor : Khoiron
Dibaca : 495 kali