Kamis, 18 Oktober 2018

Forum Mantan Petugas Haji Arab Saudi Berikan Donasi untuk Palu

  • Kamis, 11 Oktober 2018 11:29 WIB
Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia beri Donasi untuk Palu Sulawesi Tengah melalui Tim Tanggap Peduli Bencana Kementerian Agama RI di Jakar

Jakarta (Kemenag) --- Forum Alumni Petugas Haji Arab Saudi (FKAPHI) berikan donasi untuk korban gempa dan tsunami Palu – Donggala, Sulawesi Tengah. Bantuan yang diberikan berupa uang sejumlah RP. 37.800.000,-.

Ketua umum FKAPHI, Khalilurrahman, menyerahkan secara simbolik donasi tersebut kepada Ketua Tim Tanggap Darurat Pusat Kementerian Agama, yang diwakili Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum, H. Dedi Rosadi, SE, di ruang rapat Kepala Biro Umum Kementerian Agama Pusat, Kamis Siang (11/10).

Ikut mendampingi, Ketua Dewan Pembina FKAPHI, Khoirizi, Ketua FKAPHI Letkol Jasarudin perwakilan TNI, AKBP Lina Dwi Yunitasari dari Polri.

Menurur Khalil, pemberian donasi kepada korban terdampak gempa dan tsunami Palu Donggala Sulteng ini sebagai wujud keprihatinan anggota FKAPHI atas musibah yang menimpa Warga Sulawesi Tengah. “Kami menggalang dana kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian kami pada mereka,” Kata Khalilurrahman.

Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia adalah para alumni petugas haji yang ditempatkan di Saudi Arabia. Dibentuk sejak tahun 2017 dan baru dikukuhkan pada 3 Juni 2018 oleh Sekretaris Jendral Kementerian Agama, Nur Syam saat penutupan pelatihan petugas Haji Indonesia.

“Ketika terjadi musibah gempa di Lombok, Komunitas ini mengumpulan donasi sejumlah Rp. 30.700.000. Dan untuk gempa Palu-Donggala yang digalang sejak 1 sampai dengan 10 Oktober 2018, terkumpul Rp. 37.800.000. Apa yang diberikan, dari sisi jumlah mungkin kecil tapi paling tidak para alumni memberikan kepedulian. Mudah mudahan bisa membantu paling tidak teman teman alumni yang terkena musibah,” kata Khoirizi.

Harapannya, Komunitas ini tidak hanya memberikan kontribusi terbatas pada donasi bantuan bencana saja, tapi ke depan para mantan petugas haji yang sudah mengalami dan mengetahui kondisi serta situasi Arab Saudi, dapat memberikan kontribusi bimbingan kepada para calon jamaah haji maupun umroh dalam bentuk bimbingan dan informasi. (ruwaidah)

Sumber : -
Penulis : Ruwaidah
Editor : Khoiron
Dibaca : 218 kali