Kamis, 18 Oktober 2018

Kemenag Harap SDS Nasional VII Hasilkan Generasi Buddhis Cerdas dan Berkarakter

  • Jum'at, 12 Oktober 2018 11:21 WIB
foto : danyl

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama berharap Sippa Dhamma Samajja (SDS) Nasional VII berhasil mewujudkan generasi Buddhis yang cerdas dan berkarakter. Hal ini disampaikan  Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Caliadi saat menutup rangkaian acara SDS Nasional VII, di Jakarta.

“Kami berharap, pengalaman yang didapatkan selama mengikuti SDS  ini dapat membentuk kepribadian jatidiri generasi muda Buddhis yang cerdas dan berkarakter,” kata Caliadi, Kamis (11/10).

Menurutnya, dalam Sippa Dhamma Samajja bukan hanya sekedar mencari juara. Tapi lebih dari itu, SDS Nasional VII juga merupakan momentum generasi muda Buddhis untuk menjalin persaudaraan.

“Kegiatan ini tidak semata-mata mencari juara, tapi bagaimana kita dapat mengembangkan dan menjalin persaudaraan kita dengan teman dari berbagai daerah. Dari Sabang sampai Merauke,” tegas Caliadi. 

SDS Nasional VII berlangsung sejak 8 – 12 Oktober 2018. 794 pelajar Buddhis yang mewakili provinsi di Indonesia telah bertanding dalam lomba-lomba keterampilan agama Buddha. Provinsi DKI Jakarta telah ditetapkan sebagai juara umum, dan berhak memboyong piala bergilir Menteri Agama. Tak hanya itu, mereka juga telah mengikuti talk show ‘Menjadi Anak Milenial dengan Tetap Berkepribadian Indonesia’ dengan narasumber Agustina Hermanto yang lebih dikenal dengan nama Tina Toon.

Baca juga : DKI Jakarta Juara Umum Sippa Dhamma Samajja Nasional VII

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana SDS Nasional VII Paniran menyatakan bahwa pelaksanaan SDS Nasional VII telah berhasil dilaksanakan berkat dukungan banyak pihak. “Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini,” tutur Paniran.

Selanjutnya, menurut Paniran berdasarkan hasil sarasehan yang dihadiri oleh Pembimas Buddha dari seluruh provinsi ditetapkan SDS Nasional VIII mendatang, akan dilaksanakan di Provinsi Bali pada tahun 2021. “Disepakati juga, bahwa ada penambahan dua jenis lomba pada SDS Nasional VIII. Yaitu, lomba Pidato Buddhis dan Cerita Buddhis,” kata Paniran.

Sumber : -
Penulis : Indah Limy
Editor : Khoiron
Dibaca : 243 kali