Wujudkan Desa Bersih dari Narkoba, Kemenag: Keluarga Pilar Utama

Ternate (Kemenag) --- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bekerjasama dengan Muslimat NU dan BNN mengembangkan program Desa Bersih dari Narkoba. Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani menggarisbawahi pentingnya peran pendidikan dalam keluarga.

“Keluarga adalah pilar utama ketika kita menyelenggarakan sebuah pendidikan yang mencoba membersihkan keluarga dari nista. Oleh sebab itu, para agen perubahan tidak cukup sekedar  mengatakan say no to narkoba, tetapi juga harus menyatakan perlawanannya kepada narkoba,” terang Muhammad Ali Ramdhani  saat memberi orasi Ilmiah pada acara Fasilitasi Pembentukan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Maluku Utara, Sabtu (07/11). 

Menurut pria yang akrab disapa Dhani, keluarga adalah ruang pendidikan pertama  dan utama. Baik buruknya pendidikan anak pada fase berikutnya juga dipengaruhi faktor pendidikan keluarga. Karenanya, penting memberikan pola pendidikan yang baik di lingkungan keluarga sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat. 

“Hadirkanlah sebuah proses pendidikan yang indah dengan senantiasa menyampaikan hal hal yang penting dan substantif di dalamnya. Silakan belajar tentang dunia pengetahuan selebar-lebarnya, seluas-luasnya dan sedalam-dalamnya. Tetapi ingat, bahwa kehidupan kita yang paling kekal adalah di akhirat,” pesan Dhani.

Terakhir, akademisi asal Garut ini menekankan, peran pendidikan Islam sebagai bagian dari proses penyelenggaraan pemberdayaan lingkungan keluarga. “Hal ini menandakan bahwa pendidikan Islam menjadi bagian penting dari proses penyelenggaraan dan pemberdayaan anak-anak kita agar kemudian mereka memiliki bekal yang cukup di kehidupan dunia dan tetap terpelihara kepentingan kepentingan akhiratnya,” pungkas Dhani.