Daerah

Tiga Mahasiswa Thailand Ikuti Short Course di UHN IGB Sugriwa

Rektor UHN dan Jajaran saat menerima mahasiswa MBUISC Thailand

Rektor UHN dan Jajaran saat menerima mahasiswa MBUISC Thailand

Bangli (Kemenag) --- Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN-IGB) Sugriwa Denpasar kedatangan tiga mahasiswa dari Mahamakut Buddhist University Isan Campus (MBUISC). Mereka akan mengikuti program Short Course on Foundation in English Language Teaching, selama enam puluh hari di Kampus Bangli.

Ketiga Mahasiswa MBUISC ini diterima Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana. Ikut mendampingi Para Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas Dharma Acarya, Dekan Fakultas Dharma Duta, Wakil Dekan I Fakultas Dharma Duta selaku PIC serta Korpus urusan Internasional dan Sekretaris Jurusan PBI Fakultas Dharma Acarya.

"Kita menerima dan menyambut baik kedatangan ketiga mahasiswa dari Mahamakut Budhist University Isan Campus (MBUISC) Thailand," kata I Gusti Ngurah Sudiana, di Bali, Senin, (13/5/2024).

"Ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan MoU antara UHN IGB Sugriwa dengan Mahamakut Budhist University Isan Campus Thailand," sambungnya.

I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan bahwa ketiga mahasiswa MBUISC Thailand, semester awal ini akan mengikuti program Short Course on Foundation in English Language Teaching di Fakultas Dharma Acarya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

"Sebagaimana permohonan yang telah disampaikan oleh Rektor MBUISC yang berencana mengirimkan tiga mahasiswanya untuk mengikuti program perkuliahan Bahasa Inggris, pertukaran pengetahuan, dan budaya Hindu Bali. Ini tidak jauh berbeda dengan budaya yang ada di Negara asalnya yaitu Thailand," kata I Gusti Ngurah Sudiana.



I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan apresiasi kepada kampus MBUISC Thailand yang berkenan menjalin kerja sama dan melaksanakan isi dari perjanjian yang sudah ditandatangani.

"Selamat datang di Bali, selamat datang di UHN IGB Sugriwa Denpasar. Ini menjadi jalinan kerja sama yang baik sehingga kedua perguruan tinggi ini bisa saling bertukar pengetahuan dan budaya," tegas I Gusti Ngurah Sudiana.

Sebelumnya UHN IGB Sugriwa telah mengirimkan dua orang tenaga pendidik (Dosen) ke Thailand sebagai speaker pada seminar internasional yang diselenggarakan serangkaian Perayaan ke 33 tahun MBUISC. Kedua dosen tersebut adalah Dr. I Gede Sutarya, SST.Par.,M.Ag dan Dr. I Made Adi Surya Pradnya, S.Ag., M.Fil.H.

"Saya berharap langkah baik dan menjadi pijakan bagi UHN IGB Sugriwa untuk mengembangkan mutu lembaga sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan yang akan menuju World Class University," ucap I Gusti Ngurah Sudiana.

Untuk itu, lanjut I Gusti Ngurah Sudiana, support dan kerja sama dari semua pihak akan menjadi cambuk penyemangat dalam mengembangkan kampus Hindu Negeri pertama di Indonesia ini dalam mewujudkan cita-cita bersama menjadikan UHN sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu yang bertaraf internasional.

"Semoga kedepannya UHN Sugriwa bisa mengirim mahasiswa ke MBUISC Thailand untuk mengikuti Short Course sejenis guna meningkatkan kompetensi pendidikan serta memberikan pengalaman dalam dunia pendidikan," tandas I Gusti Ngurah Sudiana.

Berikut tiga mahasiswa MBUISC Thailand yang mengikuti short course:

1. Tanaphat Praphun; mahasiswa pada Fakultas Sastra, Jurusan Bahasa Inggris yang telah memasuki tahun ketiga.

2. Natthawut Khlaidet; mahasiswa pada Fakultas Sastra, Jurusan Bahasa Inggris yang telah memasuki tahun ketiga.

3. Kamanaprueth Chincha ; mahasiswa pada Fakultas Humaniora Jurusan Pendidkan Bahasa Inggris yang baru memasuki tahun kedua.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua