Internasional

371 Jemaah Fast Track Perdana Embarkasi Surabaya Tiba di Madinah

Petugas membantu jemaah turun dari bus

Petugas membantu jemaah turun dari bus

Madinah (Kemenag) --- Layanan fast track akhirnya dirasakan jemaah haji yang berangkat dari Embarkasi Surabaya (SUB). Sebanyak 371 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Surabaya (SUB-01) mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi, Minggu (12/5/2024), sekitar pukul 15.31 Waktu Arab Saudi (WAS).

Mereka menjadi rombongan pertama jemaah asal Embarkasi Surabaya yang menikmati fasilitas jalur cepat atau fast track di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur dan di Bandara AMAA Madinah. Tiba di Madinah, mereka langsung menuju pintu keluar bandara tanpa harus melalui proses imigrasi.

Dubes RI di Arab Saudi, Abdul Azis Ahmad mengatakan bahwa pelayanan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dalam menyambut jemaah Indonesia sudah sangat bagus. "Alhamdulillah, pelayanan kali ini sangat bagus. Karena ini datang melalui jalur fast track jadi gak perlu lama-lama mengantre di bandara," kata Abdul Azis di Bandara AMMA Madinah.

Kepala Daker Madinah Ali Machzumi mengatakan, secara umum penyambutan jemaah haji pada hari pertama kedatangan berjalan lancar. “Alhamdulillah, seluruh jemaah yang tiba pada hari pertama ini sudah masuk ke hotel yang telah disiapkan. Seluruhnya sudah mendapat kamar,” katanya.

“Seluruh jemaah lansia juga sudah memperoleh layanan khusus yang disediakan PPIH Arab Saudi,” sambungnya.

Jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan berada di Madinah selama lebih kurang sembilan hari. Mereka ditempatkan di 106 hotel di tiga markaziyah (wilayah) yang berjarak 50 hingga 300 meter dari Masjid Nabawi. Ketiga wilayah ini adalah Markaziyah Syimaliyah, Markaziyah Gharbiyah, dan Markaziyah Janubiyah.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua