Internasional

Lima Siswa MAN 2 Kota Malang Wakili Indonesia pada Summer/Winter Youth Program 2024

Siswa MAN 2 Kota Malang terpilih ikut Summer/Winter Program 2024

Siswa MAN 2 Kota Malang terpilih ikut Summer/Winter Program 2024

Kota Malang (Kemenag) --- Lima peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang terpilih menjadi peserta Summer/Winter Program tahun 2024 pada lima Universitas di China dan Australia. Mereka mendapat Beasiswa Indonesia Maju (BIM) untuk Program Persiapan S1 Luar Negeri dan tergabung pada Angkatan IV.

Lima siswa tersebut adalah Rizqi Achmad Fahrezi yang akan bertolak ke Chinese University of Hong Kong, China (12 - 26 Juli 2024), Ahmad Haizun Tafdhila di Fudan University, Sanghai China (24 Juni - 7 Juli 2024), Naistra Fathan Wirdiyan di University of Sydney, Australia (23 Juni - 6 Juli 2024), Ahmad Ayman Al Ghifary di University of Sydney, Australia (23 Juni - 6 Juli 2024), dan Salwa Dilara Nandra Husada di University of Sydney, Australia (23 Juni - 6 Juli 2024).

Kepala MAN 2 Kota Malang, Samsudin, bersyukur atas prestasi internasional anak didiknya. Dia berpesan untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari dan menggali ilmu secara mendalam di Perguruan Tinggi Utama Dunia.

“Alhamdulillah kelima anak-anak kami berhasil menjadi delegasi Indonesia pada Summer/Winter Youth Program pada lima Universitas di China dan Australia. Prestasi ini menjadi bukti MAN 2 Kota Malang telah go international dengan program MADU MANJA,” ucap samsudin di ruang kerjanya, Kota Malang, Senin (13/5/2024).

MADU MANJA adalah salah satu program unggulan MAN 2 Kota Malang. Istilah ini merupakan singkatan dari MAN Dua Menjelajah Dunia. Program ini didesain untuk memberikan akses kepada para siswa mendapatkan beragam akses terhadap program beasiswa ke luar negeri, baik melalui pertukaran pelajaran atau lainnya.

“Harapannya, semoga kesempatan ini menjadi langkah awal kesuksesan anak-anak dapat menempuh pendidikan studi lanjut di Perguruan Tinggi ternama,” harap Samsudin.

Summer/Winter Program diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Program Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Program ini berlangsung selama dua minggu terhitung dari 24 Juni hingga 7 Juli 2024.

“Program internasional dari Beasiswa Indonesia Maju (BIM) ini menyasar 9 Universitas ternama dunia dengan diikuti oleh peserta didik terbaik di seluruh penjuru Indonesia,” jelas Samsudin.

Samsudin berharap prestasi lima peserta didik ini dapat menjadi teladan dan kaderisasi kepada adik kelas MAN 2 Kota Malang. “Semoga melalui program-program inovasi yang dihasilkan, melalui Program Insan Pro, diharapkan akan lahir prestasi luar biasa yang lainya,” harapnya.

Ditambahkan Samsudin, BIM terdiri atas program beasiswa bergelar (degree) dan beasiswa non gelar (non degree). Program beasiswa bergelar jenjang S1 dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan.

“Anak-anak yang memperoleh BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri. Yaitu, program beasiswa yang diberikan guna mempersiapkan peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah untuk memperoleh kesempatan pendidikan S1 di luar negeri,” jelas Samsudin.

Ia menyampaikan bahwa BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 4 diberikan kepada peserta didik kelas XI Semester 1 tahun 2023/2024 pada jenjang SMA/SMK/MA/sederajat yang berprestasi pada ajang olimpiade/lomba/kompetisi/festival pada bidang Riset dan Inovasi, Bidang Seni Budaya dan Bidang Olahraga,

“Kelima peserta didik MAN 2 Kota Malang yang diterima di BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 4 (Reguler) tersebut sudah pasti akan melanjutkan pendidikan jenjang S1 di Perguruan Tinggi Luar Negeri Tahun Akademik 2025/2026,”pungkasnya. (Tim Humas)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua