Nasional

Asrama Haji Indramayu Diminta Bangun Branding Sejak Awal

Indramayu (Kemenag) --- Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Oman Fathurahman, menilai penting untuk membangun branding asrama haji Indramayu sejak awal agar kehadirannya ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Hal ini disampaikannya saat melaksanakan kunjungan kerja peninjauan pembangunan Asrama Haji Indramayu, Minggu (13/12).

Dari sekian proyek Asrama Haji yang dilaksanakan Kemenag yang bersumber dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Oman mengaku puas dengan pelaksanaan pembangunan Asrama Haji Indramayu. Menurutnya, prosesnya tepat waktu, meski dilaksanakan selama 4 bulan.

"Saya melihat progres pembangunan asrama haji Indramayu sangat cepat dan baik, sehingga bisa menjadi teladan bagi proyek SBSN lainnya" terang Oman.

Meski masih tahap pembangunan, menurutnya, proses branding sudah harus ada dilakukan sejak awal. Sebab, bila kurang maksimal di awal maka akan tertatih-tatih. Proses branding ini harus mengikuti prinsip bisnis, di mana sejak awal sudah dilakukan promosi tentang apa yang ditawarkan dan lain-lainnya.

"Sehingga, dari proses tersebut, kehadiran Asrama Haji Indramayu akan ditunggu-tunggu oleh masyarakat," ujarnya.

Keberadaan asrama haji di tengah masyarakat harus memberikan rahmat dan manfaat bagi masyarakat sekitar, baik secara ekonomi maupun sosial. Sehingga, kata Oman, keberadaan asrama tidak dipandang sebagai ancaman bagi masyarakat.

Keberadaan Asrama Haji Indramayu bisa dijadikan juga sebagai tempat wisata religi. Untuk itu, asrama harus mampu mensimulasikan proses bisnis haji dari sejak tawaf, sa’i, tahalul, dan proses haji lainnya. "Dengan demikian masyarakat dapat merasakan bagaimana melaksanakan ibadah haji," tandasnya.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua