Nasional

Patok Target 85 Persen, Kemenag-BPS Siap Survei Kepuasan Jemaah Haji

BPS siap lakukan survei kepuasaan layanan haji yang diterima jemaah.

BPS siap lakukan survei kepuasaan layanan haji yang diterima jemaah.

Makkah (Kemenag) — Untuk mengukur tingkat kepuasan jemaah haji terhadap layanan yang diberikan pemerintah, Kementerian Agama bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) adakan Survei Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (SKJHI) Tahun 2018. Selain itu, survei ini juga bertujuan untuk memperoleh data dan informasi terkait pelayanan yang diperoleh jemaah selama melaksanakan ibadah haji.

Hal ini diungkapkan Edi Prawoto, petugas BPS, saat ditemui di Kantor Daker Makkah, Al Adel, Makkah, Rabu (25/07) siang waktu Saudi. Menurut Edi, ada 7 (tujuh) pelayanan yang akan dinilai. Yakni pelayanan petugas haji, ibadah, transportasi bus, akomodasi (hotel/tenda), katering, kesehatan dan pelayanan lain-lain.

“Tidak seluruh jemaah akan menjadi responden survei ini, total sebanyak 14.400 jemaah yang akan diambil survei mewakili 221 ribu jemaah haji kita,” tandas Edi. Ia menambahkan, sampel tersebut diambil dari seluruh populasi jemaah haji Indonesia dengan teknik probability sampling.

“Penggunaan teknik ini bertujuan agar data yang dihasilkan dapat merepresentasikan seluruh jemaah haji dan bukan sekadar studi kasus saja,” imbuhnya.

Alur survei yang dilakukan sebagai berikut: Pertama, jemaah haji dari regu terpilih akan menerima kuosioner dari ketua regu masing-masing; kedua, kuesioner diisi sesuai petunjuk yang ada; ketiga, kuosioner yang telah diisi lengkap dikembalikan kepada ketua regu; dan keempat, ketua regu memasukkan kuosioner yang telah diisi ke dalam amplop besar. Lalu kelima, ketua regu menyerahkan dokumen hasil pengisian kepada ketua kloter, dan terakhir keenam, ketua kloter menyerahkan ke petugas di sektor.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, Kemenag mematok kenaikan target perolehan indeks kepuasaan jemaah. “Pada tahun ini kita menargetkan indeks kepuasan jemaah capai 85 persen,” ungkap Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Nizar Ali beberapa waktu lalu saat pelatihan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Menurut Nizar, indeks kepuasan jemaah terus meningkat tiap tahun. Tahun 2014 misalnya mencapai 81,52 persen, setahun berikutnya 82,67. “Sementara 2016 capai 83,83 persen dan pada 2017 capai 84,85 persen,” rinci Nizar Ali.

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua