Nasional

Tim Penilai Internal Itjen Kemenag Dampingi Satuan Kerja Wujudkan Zona Integritas

Tim Itjen Kemenag lakukan Pendampingan Penilaian Zona Integritas di Kanwil Kepri

Tim Itjen Kemenag lakukan Pendampingan Penilaian Zona Integritas di Kanwil Kepri

Kepulauan Riau (Kemenag) --- Inspektorat Jenderal Kementerian Agama terus mendampingi satuan kerja dalam mewujudkan Zona Integritas (ZI). Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan pendampingan penilaian ZI.

Pengendali Teknis Inspektorat Wilayah III, Yanis Naini, mengatakan, pendampingan penilaian ZI akan membantu satuan kerja dalam memahami dengan lebih baik persyaratan dan proses penilaian ZI. “Hal ini memungkinkan satuan kerja untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dengan lebih efektif. Selain itu, pendampingan juga membantu menjamin obyektivitas dan keadilan dalam penilaian zona integritas,” terang Yanis selaku ketua Tim Penilai Internal (TPI) ZI Itjen Kemenag saat melakukan pendampingan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), di Batam, Selasa (14/5/2024).

Pendampingan penilaian ZI, kata Yanis, juga dapat mendorong terciptanya transparansi dan akuntabilitas, memperkuat kepercayaan publik terhadap Kementerian Agama. “Nah, untuk sampai pada pengusulan satuan kerja pilot project Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), satuan kerja melewati Desk Evaluasi Tahap I dan Desk Evaluasi Tahap II,” paparnya.

Kemenag Kepri Raih Penghargaan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Mahbub berkomitmen untuk meningkatkan akuntabilitas dalam pelayanan publik melalui pelayanan yang terpusat di Pusat Terpadu Layanan Satu Pintu (PTSP).

“Karena itu, untuk menunjukkan keseriusan Kanwil Kemenag Kepri dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang transparan, akuntabel dan bersih, kami membangun ruang PTSP baru yang lebih representatif agar dapat memenuhi seluruh kebutuhan pengguna layanan ketika mengunjungi Kanwil Kemenag Kepri,” terang Mahbub, Batam Kepulauan Riau, Selasa (14/5/2024).

Upaya Kanwil Kementerian Agama Kepri tak sia-sia. Kerja keras peningkatan kualitas pelayanan publik jajaran Kanwil Kepri berdampak pada capaian kepuasan masyarakat di angka 3,91 dari skala 1-4 berdasarkan hasil Survei Persepsi Kualitas Layanan yang difasilitasi Biro Ortala Kementerian Agama RI. Puncaknya, inovasi layanan publik Kanwil Kepri melauli program Tanjak Corner diganjar penghargaan dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas beberapa waktu lalu.

Beragam jenis inovasi pelayanan yang berhasil diwujudkan berupa pelayanan offline melalui PTSP, layanan online dari aplikasi SIKOPRI, hingga inovasi layanan publik jemput bola yakni Tanjak Corner. “Kami terus memotivasi seluruh pegawai untuk terus semangat membangun Zona Integritas dan pelayanan yang prima demi mewujudkan Kementerian Agama yang bersih dan berintegritas,” imbuh Mahbub. (Moh. Anshari/Ahmad Nida)


Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua