10 Siswa MAN 2 Pekanbaru Diterima di Universitas Al-Azhar Mesir

Riau (Kemenag) --- Sebanyak 10 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Pekanbaru, Riau diterima di Universitas Al-Azhar Mesir. Mereka diterima setelah melewati serangkaian tes seleksi secara virtual melalui Computer Based Test (CBT) dengan SEB (Safe Exam Browser) serta wawancara dengan hasil tes dapat dilihat langsung oleh para peserta seleksi. 

Selain itu, mereka juga lulus seleksi wawancara secara online untuk melihat kemampuan calon mahasiswa dari berbagai aspek, yakni: bahasa, hafalan, serta wawasan Islam dan kebangsaan.

Pelepasan siswa untuk berangkat ke Mesir di gelar secara sederhana di ruang terbuka MAN 2 Pekanbaru, Selasa (8/3/2022). Turut melepas keberangkan siswa, Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin, Kepala MAN 2 Pekanbaru Ghafardi beserta keluarga besar MAN 2 Pekanbaru.  

Dalam acara pelepasan tersebut juga diserahkan bantuan belajar Zakat Fii Sabilillah dari UPZ MAN 2 Pekanbaru kepada siswa yang melanjutkan pendidikan ke Mesir. 

Kakanwil Kemenag Riau Mahyuddin mengaku bangga atas raihan pretasi dari siswa MAN 2 Pekanbaru yang diterima menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar Mesir. Ia berpesan kepada para siswa agar dapat menjaga nama baik Indonesia.
 
"Belajar ke Mesir merupakan bagian dari prestasi yang telah diraih MAN 2 Pekanbaru, Saya telah berpesan kepada mereka untuk menjaga nama baik Indonesia selama menuntut ilmu di sana," kata Mahyudin, Jumat (11/3/2022).

"Tuntutlah ilmu dengan sebaik-baiknya, niatkan untuk belajar dan harus selesai sampai lulus, kalau bisa terus ke jenjang S2 dan S3. Setelah itu kembali untuk mengabdi kepada negara dan bangsa," sambung Mahyudin.

Kepala MAN 2 Pekanbaru, Ghafardi menambahkan pada tahun ajaran 2020-2021, sebanyak 10 siswa MAN 2 Pekanbaru juga diterima di Universitas Al-Azhar Mesir. Mereka yang lulus seleksi dan sudah berangkat ke Mesir, yakni:  

1. Imam Pratama Yendrian, Ushuluddin, Ulumul Qur'an Wat Tafsir (XII MIA 4-2020)
2. Muhammad Rafly Misfa, Syariah, Syariah Islamiyyah (XII MIA 7-2020)
3. Ilham pratama putra bahri, Ushuluddin, Akidah filsafat (XII IPS 1-2020)
4. Nuzul fitrah ramadhan, ushuluddin, Hadits wa ulumul hadits (XII IPS 1-2020)
5. Al Rahman, ushuluddin, hadits wa ulumul hadits. (XII IPS 1-2020)
6. Ahmad Zico Saputra, Ushuluddin, Hadits Wa 'Ulumul Hadits (XII IPS 2-Percepatan-2021)
7. Ahmad Husein Aljabar, Syari'ah, Syari'ah Islamiyyah (XII IPS 1-2021)
8. Ahmad Alfi Dzikri Syam, Syari'ah, Syari'ah Islamiyyah (XII KI-2021)
9. Mahiratun Aulia MA, Syari'ah, Syari'ah Islamiyyah (XII KI-2021)
10. Ardhyansah, Ushuluddin, 'Ulumul Qur'an Wat Tafsir (XII KI-2020)

"Terima kasih kepada Kakanwil Kemenag Riau yang telah melepas keberangkatan siswa kita yang berangkat ke Mesir. Semoga siswa siswi kita benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk menimbah ilmu sebanyak-banyaknya agar kelak bisa kembali dengan ilmu yang bisa diberikan kepada bangsa dan negara," kata Gafardi. (Mus)