11 Siswa MTsN 1 Pati Lulus Seleksi MAN IC dan Program Keagamaan

Pati (Kemenag) --- Kementerian Agama telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) jalur tes di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) dan Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) pada 16 Maret 2022. 

Hasilnya, tercatat ada 11 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati yang lulus seleksi. Sebanyak dua siswa masuk MAN IC Serpong, yaitu Maulana Habibur Rahman dan Muhammad Ilham Herawan Saputra. Dua lainnya diterima di MAN IC Pasuruan, yaitu Fabriansyah Nur Wahyu dan Muhammad Alif Nur Rohman. Dan, ada satu siswa akan melanjutkkan pendidikannya di MAN IC Lombok, yaitu Sajidan Ary Fariddian.

Selain itu, ada empat siswa MTsN 1 Pati yang masuk MAN PK Surakarta. Mereka adalah Joanita Sukmawati, Nasywa Agista Ainun Nadhifa, Fadila Mutia Lubna, dan Alfiana Fitri Rahmawati. Sementera dua siswa lainnya, lulus sebagai cadangan. Keduanya adalah Natasyia Nihayatus Sholihah (cadangan di MAN PK Surakarta) dan Arifianti Atiqotuz Zahro (cadangan di MAN IC Kota Pekalongan). 

“Alhamdulillah, sangat senang. Pengumuman saya terima ketika sedang berada di asrama, diberitahu oleh teman saya,” ucap Muhammad Ilham Herawan Saputra, di Pati, Kamis (17/3/2022). 

Ilham, sapaan akrabnya, diterima di MAN IC Serpong. Dia berharap nantinya dapat belajar lebih serius dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. 

Seksi kesiswaan sekaligus koordinator siswa MTsN 1 Pati yang mendaftar di MAN IC dan MAN PK, Muhammadun, menjelaskan bahwa pihaknya melakukan proses pembimbingan secara intensif hingga pelaksanaan tes online SNPDB. Dia bersyukur prosesnya berjalan lancar. Dia berharap, jumlah siswa MTsN 1 Pati yang diterima di MAN IC dan MAN PK akan semakin banyak di tahun mendatang. 

“Alhamdulillah, selama ini tidak ada kendala mulai pembimbingan sampai tes. Harapan ke depannya, agar jumlah siswa yang diterima semakin meningkat dan anak-anak yang sudah diterima dapat mengembangkan prestasinya,” ujarnya. 

Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak bersyukur atas kelulusan 11 siswanya. Menurut Syafak, angka kelulusan hasil tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Ini menunjukkan bahwa semangat dan minat para siswa yang tinggi serta pembimbingan yang dilakukan secara intens sejak awal tahun pelajaran berjalan efektif. 

“Alhamdulillah, tahun ini yang lolos 2 kali lipat dari tahun kemarin atau naik 100%. Ini artinya semangat dan minat anak semakin tinggi disertai pembimbingan efektif sejak awal tahun pelajaran oleh bapak ibu guru,” jelasnya. 

Syafak berharap, para siswa dan lulusan MTsN 1 Pati dapat terus mengembangan potensi terbaiknya. “Selamat kepada anak-anak berkarakter bertalenta yang semakin mengangkat derajat dan menunjukkan eksistensi MTsN 1 Pati sebagai madrasah unggulan akademik nasional. Semoga melalui proses pendidikan di tempat terbaik se-Indonesia kalian mampu mengembangkan potensi terbaikmu,” harapnya. 

Syafak pun mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan SNPDB di tahun 2022 ini. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan SNPDB tahun ini, terus maju mengharap rahmat Allah untuk tetap menjadi yang terdepan,” pungkasnya.