300 Proposal Kompetisi Riset Siswa Madrasah Masuk Tahap Presentasi

Jakarta (Kemenag) --- Madrasah Young Reseachers Supercamp (Myres) 2021 telah menyelesaikan tahap penilaian proposal. Dari 7.700 pendaftar, terpilih 300 proposal yang berhak ikut tahap presentasi pada kompetisi yang digelar Ditjen  Pendidikan Islam ini.

“Selamat dan apresiasi kepada anak-anakku yang masuk dalam 300 proposal terpilih. Bagi yang belum terpilih, bukan berarti proposal penelitiannya tidak menarik, akan tetapi dalam kompetisi selalu ada yang lolos dan tidak lolos. Mudah-mudahan di periode berikutnya atau di kesempatan lain bisa berkontribusi,” tutur Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Isom Yusqi di Jakarta, Senin (23/8/2021).

“Yang terpenting, anak-anakku tetap terus semangat. Jangan sampai berkurang rasa keingintahuan kalian. Karena rasa ingin tahu atau sense of curiosity merupakan modal awal untuk selalu berfikir kreatif, bisa memunculkan ide-ide baru, dan bahkan menemukan solusi baru dari suatu masalah. Sekali lagi, semoga kalian menjadi peneliti yang handal,” pesannya.

Kasubdit Kesiswaan Nanik menambahkan, penilaian proposal penelitian dilakukan oleh dewan juri yang ditunjuk oleh Direktorat KSKK Madrasah.

“Alhamdulillah, tahap penilaian proposal Myres secara substansi sudah selesai. Penilaian proposal oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya yang sudah ditunjuk oleh Direktur KSKK. Dari long list proposal yang masuk sebanyak 7700 proposal, diambil daftar short list menjadi 300 proposal untuk jenjang MTs dan MA di masing-masing bidang keilmuan,” elas Nanik.

Menurutnya, ada sejumlah indikator penilaian proposal penelitian. Yaitu, orisinalitas gagasan, kreativitas dan kekinian, relevansi teori dan kajian pustaka, metode penelitian dan kebermanfaatan, serta koherensi dan teknik penulisan. 

“Peserta yang proposalnya terpilih ke dalam 300 besar, akan mempresentasikan materi dan bidang penelitiannya di hadapan dewan juri pada tanggal 25 s.d. 27 Agustus mendatang,” imbuh Nanik.

Daftar 300 proposal terpilih, bisa diakses melalui tautan: https://madrasah.kemenag.go.id/myres2021/. (Ozie)