Nasional

3000 Personel Polwiltabes Bandung Amankan 100 Gereja

Bandung, 14/12 (Pinmas) - Sedikitnya 3000 personel di jajaran Polwiltabes Bandung disiapkan untuk mengamankan kegiatan keagamaan umat Nasrani, yakni Misa Natal di sekitar 100 gereja dan rumah ibadah lainnya yang tersebar di Kota Bandung. Kapolwiltabes Bandung Kombes Pol Edmon Ilyas kepada pers di Bandung, Kamis mengatakan, pengerahan pasukan sebanyak dua per tiga dari kekuatan yang ada itu, selain untuk mengamankan perayaan Natal, juga pengamanan tahun baru dan Idul Adha.

"Kegiatan akhir tahun yang hampir bersamaan itu, yakni Hari Natal, tahun baru dan Lebaran Idul Adha. Untuk itu kami akan mengerahkan 2/3 kekuatan yang ada, yakni sekitar 3000 personel yang dikemas dalam Operasi Lilin Lodaya", katanya. Soal pengamanan sejumlah gereja, dia mengatakan, pihaknya selain mengerahkan personel untuk pengamanannya, juga sebelum kegiatan pada hari H-nya, pihaknya akan meminta bantuan petugas Gegana Brimob Polda Jabar.

"Petugas Brimob itu nantinya diminta untuk melakukan sweeping dan sterilisasi sejumlah gereja yang jemaatnya cukup besar dan dianggap rawan gangguan kamtibmas", katanya.Pelaksanaan sweeping dan sterilisasi itu, kata Kapolwiltabes, biasanya dua hari atau sehari menjelang Misa Natal dimulai. "Jadi sebelum para jemaat melakukan misa, situasi dan kondisi gereja sudah aman dari segala bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas, sehingga para jemaat akan lebih tenang dalam menjalankan ibadahnya", ucapnya. Dalam kesempatan itu Kapolwiltabes mengatakan, pihaknya juga akan menempatkan satu atau dua orang di setiap gereja untuk melakukan pengamanan bersama dengan Satpam gereja setempat.(Ant/Ims)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua