6 Siswa MAN 2 Mataram Ikuti Program Petukaran Pelajar di Amerika

Mataram (Kemenag) ---  Enam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram mengikuti Youth Exchange and Study Program (YES Program) di Amerika.  YES Program merupakan pemberian beasiswa kepada siswa sekolah menengah (15-17 tahun) dari negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan, termasuk Indonesia, untuk menghabiskan sampai dengan satu tahun pendidikan akademik di Amerika Serikat.

Untuk mengikuti YES Program, peserta diharuskan untuk mengikuti beberapa seleksi yang diadakan oleh Bina Antar Budaya Indonesia, sebuah organisasi nirlaba non-pemerintah pengelola pertukaran pelajar. Ada beberapa seleksi yang harus dilalui oleh peserta, antara lain: seleksi administrasi, interview, dan dinamika kelompok. 

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Moh. Ishom mengapresiasi capaian ini. Ishom berpesan agar para siswa senantiasa menjaga diri dan nama baik bangsa Indonesia. “Anak-anakku sekalian, jaga diri dengan baik, dan ingat anda semua membawa nama baik bangsa Indonesia, umat Islam dan Madrasah, khususnya MAN 2 Mataram,” pesan Ishom di Jakarta, Rabu (29/09/2021).

Melalui program ini, Ishom berharap para siswa dapat memperoleh ilmu dan pengalaman yang luas selama di Amerika. “Ambil pelajaran-pelajaran yg terbaik, agar kelak berguna dan bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama,” kata Ishom.
 
“Sukses selalu wahai anak anakku, semoga selamat sampai di tanah air kembali dan membawa ilmu dan pengalaman yg bisa dibagikan kpd sahabat-sahabatmu di Indonesia,” tukasnya.

Kepala MAN 2 Mataram, Lalu Syauki sangat antusias mengetahui informasi ini. Menurutnya, hal-hal baik seperti ini harus terus disosialisasikan agar keikutsertaan siswa MAN 2 Mataram semakin bertambah setiap tahunnya. “Saya berharap mereka semuanya berhasil mengikuti jejak kakak-kakaknya dua tahun berturut-turut,” tuturnya.

Syauki menyampaikan poin penting dari keikutsertaan ini sesungguhnya adalah agar siswa madrasah bisa berpartisipasi dalam even global. “Di saat orang masih berbicara lokalitas, kita selangkah lebih maju menuju globalitas,” tutur Syauki.

Syauki berharap, siswa madrasah bisa menjadi siapa saja dan bisa menjadi apa saja. Keikutsertaan siswa madrasah dalam berbagai even, lanjut Syauki, menunjukkan bahwa mereka juga sejajar dengan siswa dari sekolah unggul lainnya. 

"Saya berhusnuzan akan hasilnya nanti, karena melihat dari potensi dan kemampuan Bahasa Inggris semua peserta sudah di atas rata-rata siswa seusia mereka. Tentu saja, capaian yang diperoleh para siswa juga bukan hasil yang serta-merta, melainkan ada peran strategis dan usaha maksimal oleh pembina, para pelatih MEC dan orang tua,” pungkasnya.

Berikut daftar nama enam siswa MAN 2 Mataram yang mengikuti program ini sebagai berikut: 
1.    Nabila Safira dari kelas X IPS 3
2.    Ilmana Chiyarona Akrom, kelas X MIPA 4
3.    Agisha Nur Amelya kelas X MIPA 4
4.    Faridh Maulana Fachrezi dari Kelas XI MIPA 4
5.    Hemaliana Putri dari Kelas X MIPA 4 
6.    Baiq Namira Maitsa Diantara dari kelas X MIPA 4.

(Yuyun)