Internasional

6 Ton Obat Jamaah Haji sudah Keluar dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah

Jeddah (Pinmas) – Otoritas Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah telah melepaskan enam ton obat untuk jamaah haji Indonesia yang sempat tertahan selama tujuh hari lalu, minggu (31/8) sore. Obat-obatan tersebut akan segera didistribusikan ke Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Jeddah, Madinah, dan Makkah.

Kepala Bidang Kesehatan Haji Indonesia DR.dr. Fidiansyah di kantor Teknis Urusan Haji, Jeddah, menjelaskan bahwa tertahannya obat-obatan tersebut karena persoalan administrasi adanya perubahan kebijakan dari pemerintah Arab Saudi yang mendadak. “Prinsipnya sejak tadi sore dengan bantuan Kemenlu dan KJRI, obat-obatan itu sudah ke luar dari imigrasi,” kata Fidiansyah.

Fidiansyah menyatakan bahwa proses ini lebih cepat dari yang diperkirakan karena kecepatan penanganan Kemenlu dan KJRI Jeddah. “Tahun lalu operasional haji sudah selesai, obat baru ke luar,” imbuh dia.

Persediaan obat-obatan sisa pelaksanaan haji tahun masih cukup untuk memenuhi kebutuhan jamaah. Bidang Kesehatan Haji masih menyimpan 30-40 persen obat kebutuhan jamaah yang. “Perhitungan stok obat biasanya kita spare 3-5 tahun ke depan, jadi aman untuk dipakai tahun berikutnya. Stok itu sudah kita bagi-bagi di Jeddah, Madinah, dan Makkah,” lanjut dia. (mss/mch2014)

Tags:

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua