Nasional

Ada Layanan Terpadu, Daftar Haji di Belitung Jadi Mudah

Sekjen Kemenag Nizar bersama Bupati Belitung Sahani Saleh saat meresmikan Gedung PLHUT Kab. Belitung

Sekjen Kemenag Nizar bersama Bupati Belitung Sahani Saleh saat meresmikan Gedung PLHUT Kab. Belitung

Belitung (Kemenag) --- Masyarakat Belitung kini lebih mudah untuk mendapatkan layanan haji dan umrah seperti pendaftaran maupun pembatalan. Pasalnya, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Belitung saat ini telah memiliki gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

"Pembangunan Gedung PLHUT ini adalah untuk memangkas birokrasi yang berbelit-belit," ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) Nizar saat meresmikan PLHUT Kankemenag Belitung, Senin (8/3/2021).
Sebelum ada PLHUT kata Nizar, calon jemaah haji yang hendak mendaftar harus bolak-balik antara Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS BIPIH) dan Kantor Kemenag.
"Dengan dibangunnya PLHUT, nantinya calon jemaah haji tidak perlu mondar-mandir. Karena di PLHUT ini layanan BPS BIPIH serta layanan biometrik dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) dikerjakan dalam satu tempat," jelas Nizar.
"Sekali datang dan keluar dari sini (PLHUT) sudah bisa mendapatkan nomor porsi haji paling tidak prediksi estimasi keberangkatan," sambungnya.
Gedung PLHUT Kabupaten Belitung dibangun dengan menggunakan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2020. Gedung ini memiliki dua lantai. Lantai pertama dikhususkan sebagai tempat pelayanan haji dan umrah, sementara lantai kedua digunakan untuk ruang aula.
Kepala Kantor Wilayah Kemenag Bangka Belitung Muhammad Ridwan berharap Gedung PLHUT ini dapat dimanfaatkan dengan baik bagi masyarakat khususnya calon jemaah haji di Belitung.
"Alhamdulillah gedungnya sudah selesai, mudah-mudahan gedung ini mendapat berkah dari Allah dan akan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Belitung," ujar Ridwan.
Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh menyampaikan terima kasihnya kepada Kementerian Agama karena dengan dibangunnya PLHUT ini, masyarakat Belitung sangat terbantu dalam layanan haji dan umrah di Belitung. "Kami sampaikan terima kasih kepada Kemenag karena sudah membangun Gedung PLHUT, masyarakat Belitung sangat terbantu dalam layanan haji dan umrah di Belitung ini," tukasnya.
Selain Gedung PLHUT, Sekjen juga meresmikan 5 gedung layanan yang dibiayai SBSN lainnya antara lain Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Tanjung Pandan, Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Kepulauan Pongok Bangka Selatan, Gedung Perpustakaan dan Laboratorium Terpadu MAN Insan Cendikia Bangka Tengah, Gedung Mess Guru MAN Insan Cedikia Bangka Tengah serta Gedung Asrama Terpadu MAN 1 Pangkal Pinang.
Turut hadir, Kapala Biro Perencanaan Kemenag Ali Rokhmad, Perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Kab. Belitung, Kabag TU Kanwil Kemenag Babel Rebuan, Kepala Kemenag Kab. Belitung Masdar Nawawi, serta Kepala Kantor Kemenag Belitung Timur Novariyanto.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua