Akhiri Masayu, 997 Mahasiswa Baru UHN Laksanakan Pawintenan

Bangli (Kemenag) ---- Pura Kehen Bangli siang itu dipenuhi 997 Mahasiswa Baru Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa. Mereka mengenakan pakaian khas Bali berwarna putih, untuk melaksanakan Upacara Pawintenan dan Upanayana.

Upacara ini sekaligus menandai berakhirnya gelaran Mahasisya Upanayana atau Masayu tahun akademik 2022/2023. Pawintenan dan Upanayana dipimpin Ida Pedanda Gede Putra Karang dari Gria Soka, Kelurahan Cempaga Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Para Pinandita di lingkungan Kampus UHN IGB Sugriwa Denpasar juga turut hadir untuk merajah mahasiswa dengan aksara suci.

"Astungkara, hari ini kita bisa melaksanakan Pawintenan bersama 997 mahasiswa Baru UHN. Ini menjadi akhir rangkaian Masayu," kata Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana, di Bangli, Minggu (25/9/2022).

"Upacara Pawintenan dan Merajah dengan aksara suci bermakna sebagai pembersihan diri, lahir dan batin, dengan memohon kepada Sang Hyang Aji Saraswati, sehingga mahasiswa siap menerima ilmu pengetahuan," sambung I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana juga menyampaikan bahwa Upacara Pawintenan (Memuliakan) bertujuan agar mahasiswa baru UHN IGB Sugriwa nantinya mudah menerima ilmu pengetahuan dengan baik untuk dirinya sendiri, lingkungan dan alam sekitar.

Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana didampingi WR III, Ida Bagus Gede Candrawan saat Upacara Pawintenan Mahsiswa Baru

"Dengan demikian, saya berharap, seluruh Mahasiswa UHN sebagai generasi penerus keilmuan dan tradisi-tradisi baik khususnya di Bali, bisa menerapkan keilmuan dilingkungan masing-masing. Ini juga menjadi bagian penerapan nilai-nilai Moderasi Beragama yang digaungkan Kementerian Agama," papar I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana juga menyampaikan selamat dan berharap kepada 997 Mahasiswa Baru UHN bisa mengikuti proses perkuliahan dan pendidikan dengan baik. "Ke depannya, untuk memberikan layanan yang lebih baik, kampus akan menyediakan kendaraan atau Bus Sarbagita sebagai alat transportasi bagi mahasiswa dari Denpasar menuju kampus Bangli dan sebaliknya," tandas I Gusti Ngurah Sudiana.

Tampak hadir Wakil Rektor III, Ida Bagus Gede Candrawan, Wakil Dekan III Fakultas Brahma Widya, I Ketut Gunarta, dan Ketua Panitia, I Nengah Karsana. (may)


TERKAIT