Nasional

Ambulans Hilir Mudik di BPHI Makkah

Mekkah, 15/12 (Pinmas) - Perubahan cuaca, kegiatan yang padat, serta kelelahan membuat jamaah haji Indonesia banyak mengalami gangguan kesehatan. Ambulans pun terlihat hilir mudik di Balai Pengobatan Haji Indonesia, Makkah. Sejak jamaah haji Indonesia tiba di Makkah, suasana di BPHI yang terletak di kantor Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah, di kawasan Aziziah, tidak pernah sepi.

Selalu saja ada jamaah haji yang datang untuk berobat.Seiring dengan semakin banyaknya jamaah haji yang tiba di Makkah, semakin sibuk pula aktivitas di BPIH. Setiap hari, seperti saat ini, Jumat (15/12/2006), ambulans terus terlihat keluar masuk membawa pasien ke BPIH.Para jamaah haji yang dibawa itu menderita berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan. Mulai dari kelelahan karena melakukan aktifitas yang berlebihan, sesak nafas, serangan jantung, hingga gangguan kejiwaan.

Jika penyakitnya tidak terlalu parah, pasien diperbolehkan pulang atau dirawat di BPIH. Namun jika penyakitnya tergolong berat, pasien akan segera dirujuk ke berbagai Rumah Sakit di Makkah, seperti RS Annoer atau RS King Abdul Aziz Zahir. Mereka diantar dengan menggunakan ambulans khusus didampingi staff dari BPIH.Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Daker Makkah, dr Zanuswir beberapa waktu lalu mengingatkan agar para jamaah haji selalu menjaga kesehatan. Banyak minum air dan jangan melakukan kegiatan yang tidak perlu. Jika terpaksa harus keluar pada malam hari jangan lupa menggunakan jaket atau baju hangat.(MCH/Ims)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua