Nasional

Amie Rais: Munculnya RAdikalisme Bukan Diinspirasi Islam

*Magelang, 03/02 (Pikda) - Radikalisme muncul bukan karena mendapat inspirasi dari agama Islam tetapi karena adanya penderitaan yang dialami anak bangsa secara sosial, politik dan ekonomi, kata Tokoh Nasional Amien Rais.

"Munculnya radikalisme itu bukan karena diinspirasi oleh agama Islam, tetapi ada penderitaan sosial, politik dan ekonomi yang dialami sejumlah anak bangsa," katanya saat Seminar "Agama, Radikalisme dan Multikulturalisme" di Universitas Muhammadiyah Magelang, di Magelang, Jumat.

Ia menyatakan, semua pihak tentunya menolak jika Islam dianggap sebagai motivator untuk gerakan radikalisme, ekstremisme dan apalagi terorisme. Gejala radikalisme, ekstremisme dan terorisme di berbagai belahan dunia, kata Amien Rais yang juga Mantan Ketua MPR RI itu, penyebabnya selalu terkait sosiologi dan politik yang bisa diterangkan secara nalar.Tetapi, katanya, persoalan radikalisme, ekstremisme dan terorisme saat ini memang menjadi ujian berat bagi Islam.

Pada kesempatan itu Amien menyebut bahwa orang-orang George Bush (Presiden AS), Tony Blair (PM Inggris) dan John Howward (PM Australia) sebagai kalangan Islamphobia."Orang-orang Islam disana menerangkan Islam supaya Islamphobia mereka terkurangi," katanya.

Ia mengemukakan, gejala radikalisme, ekstremisme dan terorisme memang menjadi fenomena modern yang akar permasalahannya harus ditemukan supaya diperoleh keterangan yang jelas. Hanya saja, katanya, orang-orang Barat tidak pernah menggunakan kausalitas dalam menghadapi persoalan termasuk masalah radikalsime, ekstremisme dan terorisme melainkan hanya memperhatikan akibatnya saja, sedangkan sebab suatu persoalan tidak pernah digali.Ia menyatakan, semangat persatuan dan kesatuan Islam perlu ditingkatkan guna memulihkan citra Islam yang dicoreng kalangan Islamphobia.

"Teman-teman yang berpikir sempit harap diperlonggar, perjuangan tidak selesai semalam, kita siapkan kekuatan multidimensional untuk menghadapi lawan-lawanmu dan lawan-lawan Tuhan supaya kita menang. Sekarang ada kode etik di antara umat Islam, jangan merasa bersikap lebih baik dari lainnya, sekarang rapatkan barisan," kata Amien Rais(Aant/myd)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua