Apel, Halal Bihalal, dan Sidak Warnai Hari Pertama Masuk ASN Kemenag Usai Idulfitri

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta seluruh layanan publik Kementerian Agama segera beroperasi normal usai libur lebaran. Jajaran Kemenag di berbagai daerah pun menindaklanjuti arahan tersebut. 

Di Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan misalnya, para ASN mengikuti apel pagi kesiapan bertugas. Dalam apel yang dirangkai dengan halal bihalal ini, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel Khaeroni meminta jajarannya agar terus meningkatkan disiplin dan etos kerja. 

“Atur dan persiapkan kembali secara cermat seluruh agenda kegiatan dan program di semua satuan unit kerja, termasuk Kemenag Kabupaten/Kota dan jajarannya. Pastikan seluruh proses yang dilakukan sesuai prosedur. Karena ke depan, kita akan menghadapi sejumlah agenda besar dan penting, khususnya di lingkup Kemenag,”pesan Khaeroni, Senin (17/5/2021). 

Baca juga: Hari Pertama Masuk Usai Lebaran, Menag: Saling Maafkan, Kembali Kerja dan Jaga Prokes

Ia juga berpesan agar ASN Kemenag harus menjadi teladan bagi umat untuk menerapkan protokol kesehatan. “Selalu terapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas) dan 3T (Testing (tes), Tracing (pelacakan), dan Treatment (penanganan),”imbuhnya. 

Apel dan halal bihalal juga digelar oleh ASN pada Kanwil Kemenag Jawa Tengah. Acara yang dihadiri lengkap seluruh ASN dan pegawai Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Kakanwil Kemenag Jawa Tengah Musta’in Ahmad berpesan agar jajarannya terus meningkatkan kinerja pelayanan publik. Menurutnya, saat ini program pelayanan Kanwil Kementerian Agama Prov. Jateng mendapat banyak apresiasi dari para pimpinan baik Gubernur maupun Menteri Agama, namun ada juga beberapa catatan yang perlu diperhatikan lebih lagi.

“Catatan tersebut yakni kebutuhan nyata bagi kita untuk menguatkan magnet atau daya tarik kita sehingga apa yang menjadi program dan himbauan kita semakin bisa diikuti oleh masyarakat luas khususnya dikomunitas-komunitas agama, ini PR bagi kita semuanya,” imbuh Musta’in. 

Sementara di Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan, untuk memastikan pelayanan publik siap dilaksanakan paska libur Idulfitri, Kasubag TU Abdul Basit melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah satuan kerja. “Kami melakukan sidak ke KUA serta madrasah, untuk memastikan kesiapan ASN Kemenag untuk melakukan pelayanan paska libur lebaran,” tutur Basit. (wrd/pqq/ridwan)