Balai Nikah dan Manasik Haji KUA dan Madrasah di Yogya terus Berbenah

Yogyakarta (Kemenag) --- Kantor Wilayah Kemenag Yogyakarta terus berbenah dalam meningkatkan sarana prasarana layanan publik. Terbaru, tiga Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) dan gedung kelas baru pada lima madrasah diresmikan.

Gedung-gedung baru ini dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2022. Peresmian ditandai dengan penandatangani prasasti oleh Sekretaris Jendral Kemenag RI Nizar, di Yogyakarta, Rabu (23/11/2022).

Tiga gedung baru KUA adalah Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Gedongtengen, Kecamatan Girisubo, dan Kecamatan Ngaglik. Sedang lima kelas baru ada di MTsN 4 Bantul, MIN 4 Gunungkidul, MTsN 1 Yogyakarta, MTsN 5 Sleman, dan MTsN 1 Sleman.

“Selamat atas selesainya gedung-gedung tersebut dengan tepat waktu. Bahkan, ada beberapa selesai lebih cepat dari rancangan,” ungkap Nizar.

“Perlu juga dipastikan, realisasinya sesuai dengan rancangan,” lanjutnya.

Nizar berharap, gedung-gedung baru ini mampu meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, terutama di bidang keagamaan yang menjadi tugas utama Kementerian Agama. Selain itu, lanjutnya, ruang kelas baru diharapkan dapat mendorong para guru dan siswa madrasah untuk terus berprestasi. 

“Madrasah tentu harus lebih unggul dari sekolah umum, dengan peningkatan fasilitas ini tentu akan semakin meningkatkan prestasi para guru dan siswa,” harapnya.

Sekjen berharap, ke depan ada asrama haji di daerah Yogyakarta, sehingga bisa memudahkan masyarakat saat akan berangkat haji.