Nasional

Banyak Penghargaan Diraih Kemenag Selama 2022, Ini Daftarnya

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Jum’at (23/12/2022), membuka rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama (Kemenag). Menag bersyukur pada tahun 2022, Kemenag mendapatkan banyak penghargaan dan apresiasi dari berbagai institusi.

"Kita semua bersyukur, pada tahun ini, Kementerian Agama mendapatkan banyak sekali penghargaan atau pengakuan dari institusi-institusi di luar Kementerian Agama. Tentu ini bukan karena saya, tapi karena kerja keras dari bapak ibu sekalian di Kementerian Agama," ujar Menag Yaqut di Halaman Kantor Pusat Kemenag, Jakarta.

Berikut beberapa penghargaan yang diperoleh Kemenag selama tahun 2022:

a. 30 Maret 2022
Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis hasil survei terkait Pemetaan Sistem Informasi Kepegawaian Instansi pada tahun 2022. Hasilnya, Kemenag masuk kategori SANGAT BAIK.

b. 31 Maret 2022
Kementerian Agama menerima penghargaan kategori Digital Innovation For Public Service Tahun 2022 dari MNC Portal Indonesia, dalam acara ‘Digital Innovation Award 2022’. Dua penghargaan diberikan untuk Aplikasi Haji Pintar dan website E-learning Madrasah

c. 27 Juni 2022
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI memberikan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) tahun 2021. Kemenag berhasil mempertahankan opini WTP enam tahun berturut-turut.

d. 28 Agustus 2022
Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong menjadi yang terbaik untuk kali ketiga dari 1.000 sekolah terbaik di Indonesia berdasarkan ranking Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

e. 31 Agustus 2022
Kementerian Agama menerima penghargaan Top GPR Award 2022 dalam ajang yang digelar oleh Government Public Relations (GPR) Institute.

f. 31 Agustus 2022
Kementerian Agama menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan atas dukungan dan partisipasinya dalam melaksanakan kebijakan kerja sama QR Code PeduliLindungi dalam rangka penanggulangan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

g. 16 September 2022
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menerima penghargaan Stem Leaders Award 2022 dari Global Educational Supplies & Solution (GESS) Asia atas kontribusi dan konsistennya dalam mengembangkan stem robotik di dunia pendidikan.

h. 6 Oktober 2022
Kementerian Agama mendapat penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2021 dengan kategori baik, dari KASN. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dari pihak eksternal terhadap pelaksanaan pengisian JPT di Kemenag yang sudah dijalankan sesuai ketentuan

i. 26 Oktober 2022
Penghargaan dari Baznas sebagai UPZ Kementerian dengan Pengumpulan ZIS Terbaik

j. 28 Oktober 2022
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima penghargaan Nawacita Awards 2022 kategori tokoh nasional Penguatan Kebhinekaan Indonesia. Nawacita Awards 2022 merupakan ajang apresiasi dan penghargaan kepada tokoh-tokoh nasional dalam pengimplementasian Program Nawacita yang digulirkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

k. 11 November 2022
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI (11/11/2022) mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas penyelenggaraan Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) yang digelar secara serentak oleh Perempuan Terbanyak. Tercatat dari 16.335 peserta yang daftar, ada 16.205 peserta yang diperiksa. Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di seluruh Indonesia, yang tersebar 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

l. 24 November 2022
Pegawai Direktorat Jenderal Bimas Hindu Kementerian Agama meraih Penghargaan Pengendalian Gratifikasi Tahun 2022 dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penghargaan diberikan kepada Dwi Arisetia dengan kategori Pelapor Gratifikasi Terinspiratif dan diserahkan langsung oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

m. 6 Desember 2022
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Selasa (6/12/2022), menerima penghargaan sebagai "Pembina Pelayanan Publik Terbaik" dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB).

n. 7 Desember 2022
Kementerian Agama (Kemenag) menerima BWI Awards 2022 dalam kategori "Mitra Wakaf Aparatur Sipil Negara (ASN) Terbaik". Penghargaan diberikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammad Nuh, dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BWI di Jakarta. Kementerian bermotto Ikhlas Beramal ini mendapat BWI Award atas keberhasilannya menggerakkan wakaf ASN Kemenag hingga mencapai 4,6 miliar rupiah.

o. 8 Desember 2022
Kementerian Agama kembali menerima Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Anugerah ini diberikan berdasarkan hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN. Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Kementerian Agama dinilai Baik oleh KASN.

p. 9 Desember 2022
Kementerian Agama meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Tempo Ministry Award (TMA) 2022. Tiga penghargaan TMA 2022 untuk Kementerian Agama yaitu: kategori Pengelolaan Komunikasi Terbaik, Pengelolaan Website Terbaik, dan kategori Pengelolaan Media Massa Terbaik.

q. 9 Desember 2022
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima MoeslimChoice Award 2022. Apresiasi diserahkan oleh CEO Moeslimchoice Network Usman Rizal kepada Menag pada Malam Anugerah MoeslimChocie Award 2022 di Jakarta. Menag menerima penghargaan untuk kategori Good Governance pada MoeslimChoice Award kali kelima ini.

r. 13 Desember 2022
Hasil survei berAKHLAK yang dilakukan Kemenpan-RB, Kementerian Agama masuk dalam kategori BEST STARTER HARMONIS. BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core Values ASN ini adalah sebuah panduan dalam berpikir, berstruktur dan berperilaku. Sedangkan employer branding ASN, yaitu bangga melayani bangsa. Survei budaya kerja tahun 2022 ini merupakan kali pertama dilakukan di Indonesia. Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi, di antaranya mengenai implementasi Core Values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya kerja yang ideal. Dengan skor indeks mencapai 70,4, budaya kinerja Kementerian Agama dinilai cukup sehat.

s. 19 Desember 2022
Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini merilis hasil survei indeks kepuasan jemaah haji (IKJH) 1443 H/2022 M. Berdasarkan survei BPS, IKJH 1443 H/2022 M mencapai 90,45 atau masuk kategori sangat memuaskan. Ini kali pertama kategori Sangat Memuaskan dengan indeks lebih 90. Survei IKJH sudah dilaksanakan sejak 2010.

t. 22 Desember 2022
Jelang tutup tahun, Kementerian Agama mendapat anugerah 'Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022' dari Ombudsman RI. Kemenag meraih nilai 90,28, dan masuk pada kategori A zona hijau dengan opini Kualitas Tertinggi Kepatuhan Standar Pelayanan Publik.

"ASN Kementerian Agama sekalian, saya mengucapkan terimakasih atas kerja kerasnya. Saya yakin, sepanjang sejarah Kementerian Agama, tahun ini adalah tahun emas bagi Kementerian Agama," ungkapnya.

"Mudah-mudahan ini menjadi catatan amal soleh kita semua, menjadi pengabdian terbaik untuk kita semua kepada bangsa dan negara," tutupnya. (Tina Nur Aini)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Romadaniel

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua