Haji 2022

Bertahap Dipulangkan, Masih Empat Jemaah Haji Dirawat di Saudi

Jeddah (Kemenag) --- Jemaah Indonesia yang masih menjalani perawatan di Arab Saudi hingga berakhirnya operasional ibadah haji bertahap dipulangkan. Dari total delapan jemaah yang dirawat, sudah ada tiga jemaah yang diantar pulang, dan ada satu jemaah yang akhirnya wafat di Arab Saudi.

“Jemaah haji Indonesia yang dirawat dan sudah memungkinkan untuk kembali ke Tanah Air, secara bertahap dipulangkan. Satu jemaah sudah pulang pada 14 Agustus 2022, atas nama Muhaya Mahabar dari Jakarta Barat,” terang Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam melalui pesan singkat dari Jeddah, Kamis (25/8/2022).

“Dua jemaah sudah memungkinkan dipulangkan, meski dalam kondisi berbaring,” sambungnya.

Keduanya adalah Sugeng bin Ngadeni Abdullah Meka, jemaah Kloter 55 Embarkasi Surabaya (SUB 55). Sebelumnya, Sugeng dirawat di RS King Abdullah, Makkah. “Sugeng terbang dari Jeddah pada 24 Agustus 2022 dengan Saudia Airlines dan mendarat hari ini di Tanah Air,” ujar Nasrullah.

Jemaah lainnya adalah Ahmad Daniel. Dia tergabung dalam kloter 23 Embarkasi Surabaya (SUB 23). Ahmad Daniel sebelumnya dirawat di RS Al-Noor Makkah. “Ahmad Daniel terbang hari ini dari Jeddah menuju Surabaya dengan Suadia Airlines,” tuturnya.

Seiring kepulangan dua jemaah tersebut, lanjut Nasrullah, sampai hari ini masih ada empat jemaah haji Indonesia yang dirawat di Arab Saudi. Nasrullah memastikan pihaknya bersama tim KJRI Jeddah terus memantau kesehatan jemaah haji yang masih menjalani perawatan.

“Jika memang sudah memungkinkan dan mendapat izin medis untuk dipulangkan, mereka akan segera diterbangkan ke Tanah Air,” tandasnya.